copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Menengok Aktivitas Pecinta Motor Antik Jombang


Jombang-(satujurnal.com)
Kecintaan pada dunia otomotif mendorong puluhan warga Jombang menjadi kolektor motor kuno atau motor klasik. Sedikitnya 22 warga kota santri ini tergabung dalam komunitas Motor Antique Club Indonesia (Maci).

Koleksi motor kuno para biker ini sangat lengkap. Semuanya jenis buatan Eropa dan Amerika abad ke-19. Rata-rata motor klasik ini buatan tahun 1942 hingga 1960. Bahkan motor klasik tertua merk Indian buatan Amerika produksi tahun 1913 juga ada. Seluruhnya masih original. Selain itu ada juga Harley Davidson, BSA, AJS, DKW, Matchless dan lain-lain.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 1970-an ini sejak tahun 2000 silam biasa menyebut diri “pathak warak” sebagai identitas.

Anggota club ini  dari berbagai latar belakang pendidikan dan profesi. Mulai pegawai swasta hingga pejabat.

Biasanya mereka berkumpul di rumah Haji Istono di Desa Sanan Selatan Mojoagung.

Meskipun harga motor klasik ini termasuk menguras isi kantong, namun tujuan mereka hanya satu yakni  melestarikan berbagai motor kuno dan antik yang selama ini selalu mengiringi perjalanan sejarah perjuangan bangsa. Selain itu faktor kenyamanan dan keunikan menjadi motivasi tersendiri.

Haji Istono mengatakan, komunitas Maci Jombang dibentuk bukan sekedar hanya kumpul-kumpul ataupun touring, namun karena sebagai sebuah organisasi Maci juga memiliki aturan dan agenda sosial yang harus dilakukan setiap tahunn, seperti berwisata dengan mengendarai motor klasik. (rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca Menengok Aktivitas Pecinta Motor Antik Jombang. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Menengok Aktivitas Pecinta Motor Antik Jombang"

Back To Top