copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Pusyar BPRS Siapkan Rp 1,5 M untuk UMKM

Mojokerto-(satujurnal.com)
Pemkot Mojokerto menggiatkan akses kredit bagi UMKM melalui program pembiayaan usaha syariah (Pusyar). Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Kota Mojokerto, bank plat merah milik Pemkot Mojokerto dilibatkan untuk penyiapan dana dana segar Rp 1, 5 miliar untuk modal kerja pelaku UMKM. Besaran pinjaman yang digulirkan, antara Rp Rp. 750.000,- Rp. 10.000.000,- dengan akad Murabahah.

Empat pihak, Badan Amil Zakat, BPRS, Diskoperindag dan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menjadi penjaga gawang program Pusyar tersebut.

Nota kesepahaman dan perjanjian kerja sama (MoU) program Pusyar 2015 tersebut diteken Mas’ud Yunus, ketua BAZ yang juga Walikota Mojokerto, Choirudin, Direktur Utama BPRS Soemarjono, Plh Kepala Diskoperindag dan Hendy Purwanto, Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), di ruang kerja walikota, Kamis (23/04/2015).

Pusyar adalah kegiatan pembiayaan kepada pelaku usaha kecil menengah (UKM) dan industri kecil menengah (IKM) oleh PT BPRS Kota Mojokerto dengan sistem akad Murobahah yang beban biaya margin, asuransi dan administrasinya ditanggung oleh BAZNAS Kota Mojokerto dengan menggunakan dana infaq. Proses verifikasi dan rekomendasi dilakukan oleh Diskoperindag Kota Mojokerto serta pembinaan manajemen usaha dan keuangannya dilaksanakan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah (MES).

“Dengan meminjam dana di BPRS melalui program Pusyar ini, masyarakat dapat meminjam dana tanpa bunga, tanpa biaya administrasi dan tanpa biaya asuransi,” kata Mas’ud Yunus.

Nota kesepahaman ini bertujuan untuk melaksanakan program Pusyar dan memberikan kemanfaatan dan kesejahteraan bagi UKM dan IKM.

Selain program Pusyar tersebut, mulai tahun ini digulirkan program Pusyar Unggulan atau Pusyar jilid 2. Pusyar unggulan ini menyediakan permodalan mulai Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Namun yang dapat mengakses yaitu UKM dan IKM yang bergerak dalam bidang ekonomi kreatif yang menjual produk unggulan khas Kota Mojokerto seperti usaha alas kaki, batik, handycraft, perajin miniatur perahu layar, makanan ringan dan catering.

“Dengan PUSYAR Jilid 2 ini, saya berharap masyarakat mampu menggerakkan ekonomi lokal dan dapat bersaing dengan produk nasional maupun internasional. Sehingga masyarakat Kota Mojokerto nantinya dapat bersaing dalam persaingan bebas masyarakat ekonomi asean (MEA),” harap Mas’ud Yunus. (one)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: ekonomi

Terima Kasih Telah Membaca Pusyar BPRS Siapkan Rp 1,5 M untuk UMKM. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Pusyar BPRS Siapkan Rp 1,5 M untuk UMKM"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top