copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

‘Yuli’, Perform Teater Samudra Ilahi di Festival Teater se Jawa-Bali



Sosok Yuli, gadis yang ‘keluar jalur’, akrab dengan narkoba, seks bebas dan berperangai buruk cenderung abai terhadap etika menjadi lakon sentral yang dibesut Sanggar Teater Samudra Ilahi, MAN Sooko Mojokerto untuk pentas di Festival Teater se Jawa – Bali yang dihelat di Tegal,Jawa Tengah, Mei nanti.

Sanggar teater dibawa kendali Diah Pitaloka ini sore tadi kembali menggerakkan roda visualisasi, berlatih di halaman kantor KLH Kota Mojokerto untuk perform bersaing dengan 11 kelompok teater dari berbagai daerah.

Abstraksi ‘Yuli’ yang dinukil dari prosa ’’Nyanyian Lorong Gelap’’ karya Bagus Mahayasa, adalah sosok gadis nakal jauh dari kata santun. Ia nyaris tak memiliki masa depan cerah.

Manifestasi Yuli yang ‘nakal’ tiba-tiba berangsur luntur. Ini terjadi kala ia tertidur pulas di atas sebuah meja kecil. Di tengah tidurnya yang pulas, ia terhenyak. Muncul suara dari kegelapan. Cibiran, teriakan minta tolong hingga ajakan kebaikan memekakkan telinganya. Batin Yuli berkecamuk.

“Empat pemeran yang tengah berteriak itu merupakan jeritan hati Yuli. Mulai dari pikiran, masa lalu, kedewasaan, masa depan dan bayang-bayang kelam. Batinnya berkecamuk,” kata Bagus Mahayasa.

Penghayatan karakter Yuli ini secara apik dibawakan Leny Ayu Martasari, siswa kelas XII MAN Sooko. Persiapan perform ‘Yuli’ sudah dilakukan sejak awal April lalu. “Karena harus bisa tampil sempurna di atas panggung nanti,” katanya.  

Bagi dia, ada hikmah dibalik tokoh Yuli. Dari sebutan gadis tak beretika, tak bermoral, pelan-pelan bisa memperbaiki perilakunya. Ia akhirnya bisa menjadi gadis yang tekun beribadah, dan meninggalkan seluruh kebiasaan buruknya. ’’Peran orang tua di sini sangat penting. Dengan ketekunan ibunya, Yuli akhirnya bisa bebas dari segala bentuk dosa,’’ tukas Leny.

Dia Pitaloka sang komandan Samudra Ilahi mengaku optimis mampu menyisihkan 11 kelompok teater dari berbagai daerah itu. Karena tim ini sudah berulangkali diuji di tingkat Jawa Timur dan mampu pulang dengan senyuman. (one)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: serba-serbi

Terima Kasih Telah Membaca ‘Yuli’, Perform Teater Samudra Ilahi di Festival Teater se Jawa-Bali. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "‘Yuli’, Perform Teater Samudra Ilahi di Festival Teater se Jawa-Bali"

Back To Top