copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Diterpa Cuaca Buruk dan Hama Pelet, Petani Tomat Merugi

Jombang-(satujurnal.com)
Petani tomat di Dusun Sumberejo, Desa Sumberteguh Kecamatan Kudu Jombang benar-benar terpuruk. Faktor cuaca, hama dan rendahnya harga tomat di pasaran menyebabkan mereka merugi. 

Kualitas tomat menjadi rendah dibanding panen sebelumnya. Ini lantaran kurun empat bulan terakhir, cuaca tidak menentu. Pertumbuhan tanaman tomat pun terpengaruh secara negatif. 

Kondisi ini diperparah dengan munculnya hama pelet. Hama ini menyerang buah tomat yang siap panen. Tak pelak, hama pelet ini pun menjadi momok. Sebab hama mirip ulat yang bisa terbang itu masuk memakan sedikit demi sedikit buah tomat yang hampir masak. Buah tomat pun menjadi busuk. 

Meski sudah berupaya panen dini, memetik buah tomat yang layak jual, namun petani tani di wilayah utara sungai Brantas ini dihadapkan dengan pasar yang tidak bersahabat. Harga tomat kini berada di titik rendah. Turun dari harga Rp 8 ribu perkilogram menjadi hanya Rp 5 ribu perkilogram.

“Selain faktor cuaca, hama pelat benar-benar menjadi ancaman,” kata Suyani, salah seorang petani tomat Dusun Sumberejo, Minggu (17/5/2015). 

Suyani yang sudah belasan tahun menjadi petani tomat menyebut, panen tomat tahun ini benar-benar yang terburuk sejak sepuluh tahun.

Meski para petani tetap memanen hasil tanaman tomat, namun berharap agar harga tomat tidak terus mengalami penurunan, sehingga kerugian pun tidak kian besar. (rg)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pertanian

Terima Kasih Telah Membaca Diterpa Cuaca Buruk dan Hama Pelet, Petani Tomat Merugi. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Diterpa Cuaca Buruk dan Hama Pelet, Petani Tomat Merugi"

Back To Top