copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Lestarikan Tradisi, GKJW Gelar Lomba Musik Lesung Remaja


Jombang-(satujurnal.com)
Lesung sendiri merupakan alat penumbuk padi yang terbuat dari kayu dan kemudian di pukul dengan tongkat secara bergantian sehingga menimbulkan suara yang serempak.

Jemaat Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) di Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang kembali menggelar lomba musik lesung untuk para remaja, Selasa (19/05/2015).

Kekompakan dan harmonisasi nada yang dihasilkan dari ketukan pada lesung atau wadah kayu penumbuk padi menjadi poin utama lomba.

Dalam lomba musik tradisional lesung ini, setiap kelompok peserta menampilkan dua buah lagu tradisional. Satu lagu wajib dan satu lagu pilihan. Para peserta juga bebas membuat gerakan-gerakan tambahan agar lebih mempercantik penampilan mereka.

Dengan menggunakan sebuah tongkat kayu,  para peserta memukuli lesung secara bergantian hingga membentuk alunan musik nan indah. Kombinasi suara pukulan lesung ini diiringi lantunan lagu Jawa dan goyangan.

Teodora Metafianisalah, salah satu peserta mengatakan, untuk mengikuti lomba musik lesung ini tentu dirinya bersama tim menggelar latihan hampir tiga minggu. Waktu yang relatif lama itu dibutuhkan untuk lebih mengompakkan antar pemain sehingga mampu mengkombinasikan pukulan yang serentak dan ranjak.

Wimbo Sancoko, panitia lomba mengatakan, lomba musik lesung digelar untuk mengenalkan tradisi warga setempat kepada para kaum muda agar mereka bisa mempertahankan tradisi. 
“Lomba lesung juga untuk melestarikan tradisi turun-temurun,” ujarnya.

Menurutnya, musik lesung sudah menjadi musik tradisional yang dulunya dilakukan saat warga panen padi dan harus menumbuk secara manual. Musik ini  selalu dimainkan saat perayaan hari raya undhuh-undhuh, yakni usai menghadapi panen raya.(rg)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang

0 Comment for "Lestarikan Tradisi, GKJW Gelar Lomba Musik Lesung Remaja"

Back To Top