Headlines :
Home » » Berkah Ramadhan, Harga Buah Garbis Terdongkrak

Berkah Ramadhan, Harga Buah Garbis Terdongkrak

Written By Satu Jurnal on Minggu, 28 Juni 2015 | 13.31

Jombang-(satujurnal.com)
Musim panen buah garbis dalam bulan ramadhan membawa berkah bagi petani buah garbis di Desa Puri Semanding, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang. Pasalnya petani bisa menjual hasil panenan pada saat harga di pasar sedang tinggi.

Harga per kilogram garbis di tingkat petani jika di luar bulan puasa hanya Rp 2 ribu, namun kini mencapai Rp 4 ribu di tingkat petani.

Petani hanya memetik buah garbis yang sudah mulai tua. Ukuran buah garbis pun dipilah-pilah. Meski harganya terdongkrak 100 persen, namun ada rumusan harga, tergantung ukuran atau besar kecilnya buah.

Sebagian besar buah garbis hasil panen petani di desa ini dibeli oleh tengkulak dari luar kota. Buah garbis petani Jombang merambah ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta. Bisa demikian karena buah garbis hasil petani Jombang ini paling banyak diminati warga kota.

Petani buah garbis mengaku hasil panenan yang bertepatan bulan ramadhan ini cukup bagus. Selain hasil buahnya banyak, juga terjual dengan harga yang relatif tinggi.


Petani menyebut, sekali tanam buah garbis ini bisa dipanen sampai empat hingga lima kali. Setiap satu hektar, menghasilkan Rp 25 juta. uang dua puluh lima juta rupiah.(rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved