Headlines :
Home » » Ganti Meter Air, PDAM Belanja Rp 1, 2 Miliar

Ganti Meter Air, PDAM Belanja Rp 1, 2 Miliar

Written By Satu Jurnal on Minggu, 21 Juni 2015 | 18.33


Mojokerto-(satujurnal.com)
PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto menyiapkan dana Rp 1, 2 miliar untuk belanja ribuan unit alat meter air. Selain untuk peningkatan pelayanan pelanggan, penggantian alat meter air dilakukan untuk mendongkrak profil perusahaan yang masih dikategorikan kurang sehat oleh Badan Pendukung Pengembangan Sistem Air Minum (BPPSPAM) tersebut.

“Sekarang dalam tahapan proses lelang meter air basah. Pagunya Rp 1, 2 miliar,” kata Kabag Keuangan PDAM Maja Tirta Kota Mojokerto, Sunarto, Minggu (21/6/2015).

Menurut Sunarto, jumlah unit meter air yang dibutuhkan sebanyak 4.000 unit. Jumlah ini untuk melengkapi keseluruhan penggantian meter air yang terpasang di seluruh pelanggan. “Stok yang ada sebanyak 570 unit. Kekurangannya (4 ribu unit) diadakan dengan sistem lelang,” ungkapnya.

Lelang ribuan meter air, ujar Sunarto, sudah digulirkan 19 Juni kemarin. Sumber pendanaannya di pos APBD 2015.

Peremajaan meter air, lanjut Sunarto, memang sudah saatnya. Karena sejak berdirinya PDAM Maja Tirta 1992, meteran air itu belum pernah diremajakan. "Idealnya, 4 - 5 tahun harus diganti  Ini sebenarnya merugikan PDAM sendiri. Tapi mau bagaimana lagi," kata Sunarto.

Akibat meteran air yang rusak, penggunaan air setiap pelanggan menjadi tak akurat. Penggunaan air bisa melebihi jumlah yang semestinya, namun biaya yang dibebankan kepada pelanggan sesuai meteran. Bisa juga sebaliknya.

Penggantian meter air itu, imbuh Sunarto, bagian dari business plan kurun 5 tahun kedepan. “Yang sudah dilakukan untuk peningkatan kinerja, yakni jam pelayanan efektif sekarang sudah mencapai 18 jam perhari. Sedang pencatatan pemakaian meter air dengan scan android,” tukasnya. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved