Headlines :
Home » » Kekeringan Landa Desa Ngrimbi, BPBD Droping Air Bersih

Kekeringan Landa Desa Ngrimbi, BPBD Droping Air Bersih

Written By Satu Jurnal on Senin, 22 Juni 2015 | 20.41


Jombang-(satujurnal.com)
Kendati musim kemarau baru mulai namun warga Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang kesulitan mendapatkan air bersih.

Untuk kebutuhan rumah tangga, warga di dusun ini terpaksa harus membeli ai bersih Rp 5 ribu per jurigen.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat yang mendapat permintaan bantuan dari perangkat desa langsung melakukan droping air secara gratis, Senin (22/6/2015).

 “Air bersih sangat dibutuhkan warga. Sejak beberapa pekan lalu warga harus membeli air bersih Rp 5 ribu per jurigen,” kata Siti Solikah, warga setempat.

Dusun Wonorejo, ujar Siti Solikah, selalu kesulitan air bersih tatkala musim kemarau datang. Lantaran kondisi ini, ia dan warga berharap selama musim kemarau berlangsung agar BPBD rutin mengucurkan air bersih ke warga.

Warga di dusun ini, katanya, masih menggunakan air sungai yang kini telah mulai kering untuk keperluan mandi dan cuci pakaian. Sedang untuk memasak dan minum harus membeli di dusun lain.

Turunnya air bersih gratis ini pun tak pelak diserbu warga. Meski jarak antara truk tangki air bersih dengan kediaman mereka lumayan jauh, warga mengaku senang saja.

Warga yang menenteng beberapa jurigen harus bersabar untuk mendapatkan giliran pengisian air bersih dari BPBD, karena banyaknya antrian.

Pepi Hariyanto, petugas BPBD Kabupaten Jombang mengatakan, Desa Ngrimbi merupakan desa pertama yang mengajukan permintaan bantuan air bersih dari pihaknya. Padahal, berdasar data tahun lalu sebanyak 16 desa di lima kecamatan rawan air bersih, yaitu kecamatan Bareng, Kabuh Plandaan, Ngusikan serta Kecamatan Kudu. Namun hingga saat ini 15 desa itu belum mengajukan permintaan bantuan air bersih.

“Bantuan air bersih akan terus diberikan sesuai kebutuhan warga setempat. Setidaknya dua kali dalam seminggu satu tangki air bersih akan dikirimkan ke satu dusun yang sangat memerlukan untuk kebutuhan mandi dan mencuci,” ucapnya. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved