Headlines :
Home » » Penghuni Lapas Semarakkan Ramadhan : Dari Berhadrah, Tadarus Hingga Tarawih Berjamaah.

Penghuni Lapas Semarakkan Ramadhan : Dari Berhadrah, Tadarus Hingga Tarawih Berjamaah.

Written By Satu Jurnal on Kamis, 25 Juni 2015 | 00.18

video
BULAN RAMADHAN benar-benar dimanfaatkan penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Mojokerto yang beragama Islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah untuk meraih maghfirah. 

Mereka, warga binaan pemasyarakatan ini tak mau melewatkan bulan ramadhan begitu saja. Aktivitas tadarus, shalat tarawih berjamaah, dzikir dan seni hadrah memberi nuansa tersendiri di lapas jalan Taman Siswa Kota Mojokerto ini. 

Masjid lapas pun selalu dipenuhi para warga binaan yang ingin lebih mendekatkan diri kepada Allah. 

Intensitas ibadah mereka pun ditambah. Seusai sholat ashar berjamaah, beberapa warga binaan mulai berhadrah. Lantunan lagu-lagu Islami pun bergema dari dalam masjid menjadi penghibur bagi warga binaan lainnya yang sebagian besar berbaju kokoh, bersarung dan berkopiah. Hadrah berlangsung hingga waktu berbuka tiba. 

Di bulan penuh berkah ini, intensitas ibadah mereka  bertambah. Waktu luang mereka manfaatkan untuk membaca Al Qur’an, sholat sunnah serta mendengarkan siraman rohani dari sesama warga binaan. 

Para warga binaan yang mendapat tugas di bagian dapur tak kalah sibuknya. Mereka menyiapkan makanan dan takjil untuk berbuka. Kesibukan serupa juga tampak di malam hari seusai shalat tarawih. Mereka menyiapkan menu untuk makan sahur. 

“Shalat tarawih, tadarus dan hadrah merupakan rutinitas di bulan ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan-kegiatan keagamaan di bulan ramadhan ini bertujuan agar warga binaan lebih meningkatkan keimanan kepada Allah,” kata Kalapas Kelas II B Mojokerto, Urip Herunadi, Rabu (24/6/2015). 

Selama ramadhan berjalan, imbuh Urip, pihaknya memberlakukan pemberian ransum yang berbeda. Jika biasanya selalu rutin pagi, siang dan malam, kini diubah. ’’Mereka yang beragama Islam, jatah makannya kita ganti sahur, dan berbuka,’’ tuturnya. (wie)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved