Headlines :
Home » » Ketua BAZNAS Kota Mojokerto : Potensi Zakat Fitrah 302 Ton Beras

Ketua BAZNAS Kota Mojokerto : Potensi Zakat Fitrah 302 Ton Beras

Written By Satu Jurnal on Senin, 13 Juli 2015 | 22.37


Mojokerto-(satujurnal.com)
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Mojokerto, Mas’ud Yunus memperkirakan, setidaknya 302 ton beras zakat bisa dihimpun dari seluruh warga yang beragama Islam yang berjumlah lebih dari seratus ribu jiwa. Angka ratusan ton itu dengan asumsi semua warga mengeluarkan zakat fitrah berupa beras atau makanan pokok seberat 2,6 kilogram per jiwa.

“Potensi zakat fitrah di Kota Mojokerto relatif besar. Dengan penduduk 136 ribu orang, yang beragama islam sebanyak 117 ribu orang. Umat Islam sebelum sholat idul fitri ini wajib mengeluarkan zakat fitrah berupa makanan pokok 2,6 kg maka akan terkumpul beras fitrah sebanyak 302 ton. Sedangkan keluarga miskin di Kota Mojokerto ini ada 5.320 orang. Maka setiap satu orang warga miskin seharusnya mendapatkan 57 kg,” papar Mas’ud Yunus saat acara pentasyarufan atau pembagian zakat fitrah, zakat maal, dan infaq dari anggota KORPRI dan siswa-siswi sekolah negeri se-Kota Mojokerto, di Balai Kota Graha Praja Wijaya Pemkot Mojokerto, Senin (13/7/2015).

Dengan potensi zakat sedemikian besar dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, ujar Mas’ud Yunus, maka akan dapat mensejahterakan rakyat kota Mojokerto.

Meski saat ini jumlah beras zakat yang terhimpun belum mendekati angka ratusan ton, namun Mas’ud Yunus yang juga Walikota Mojokerto ini tetap memberi apresiasi tinggi terhadap kepedulian PNS maupun warga terkait kewajiban zakat, juga infaq dan sodaqoh yang menghimpunkan ke BAZNAS.

Sementara itu, dalam acara pentasyarufan disebutkan, sumber zakat fitrah, yakni sebanyak 3.245 zakat fitra dari anggota KORPRI. Angkat ini diatas target 3.000. Selain itu juga terkumpul dana infaq dari 59 unit dan sub-unit KORPRI se-Kota Mojokerto senilai total Rp. 33.186.000. PT Intidragon Suryatama dan CV Bumi Indo juga turut menyumbang beras sejumlah total 757 kg.

Infaq yang disalurkan melalui BAZNAS kemudian didistribusikan berupa sembako dan uang senilai Rp 75 ribu masing-masing kepada penjaga kantor, petugas kebersihan, tenaga honorer unit sub-unit KORPRI sebanyak 270 orang.

Zakat fitrah ini setiap paketnya sebanyak 3 fitrah sebanyak 7,5 kg ditambah zakat maal masing-masing Rp 50 ribu.

Selain itu didistribusikan 4.500 zakat fitrah untuk keluarga tidak mampu yang tersebar di 18 kelurahan. “Mudah-mudahan tahun depan bisa terpenuhi semua sebanyak 5.320 warga Kota Mojokerto yang tidak mampu,” Mas’ud Yunus. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved