Polisi Himbau Warga Tidak Takbir Keliling Di Jalan Raya - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Polisi Himbau Warga Tidak Takbir Keliling Di Jalan Raya


Mojokerto-(satujurnal.com)
Kapolres Mojokerto, AKBP Budhi Herdi Susianto menghimbau warga untuk tidak menggelar takbir keliling dengan menggunakan mobil bak terbuka di jalan raya. Pasalnya, takbir keliling di tengah padatnya arus lalu lintas di malam lebaran rentan terjadi kecelakaan. Dua kawasan pun disterilkan dari aktivitas takbir keliling.

“Sebaiknya takbir dilakukan ditempat ibadah, masjid atau surau. Itu lebih tepat daripada takbir keliling di jalan-jalan raya atau tempat keramaian,” kata Kapolres disela-sela pemantauan arus lalu lintas di pos pantau Jampirogo, Sooko, Rabu (15/7/2015).

Jika di lapangan pihaknya mendapati kendaraan takbir keliling yang berpotensi melakukan pelanggaran dan memicu kerawanan, maka akan dilakukan penindakan.

“Kita lihat potensi kerawanannya. Kalau dapat ya kita cegah, kita himbau dan mengalihkan kendaraan untuk tidak memasuki jalan raya atau jalan utama. Kalau pun mereka ngotot takbir keliling, kita kembalikan ke kampung,” imbuhnya.

Tentunya, lanjut Kapolres, kita akan melakukan tindakan kolektif prioritas.

“Artinya kalau tindakannya (takbir keliling dengan mobil bak terbuka) bisa berakibat fatal dan dimungkinkan membahayakan, kendaraan harus putar balik, atau penumpang kita turunkan dan kendaraan kita tilang,” tandasnya.

Dua kawasan ditetapkan bebas takbir keliling, yakni jalan raya Mojosari dan bypass. “Dua kawasan ini steril takbir keliling. Kalau ada yang nekad nerobos dua kawasan ini, maka akan kita kenakan tindakan sesuai aturan yang berlaku,” tukasnya. (wie)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional