Headlines :
Home » » Sidak Mamin, Petugas Temukan Makanan Bekas Gigitan Tikus

Sidak Mamin, Petugas Temukan Makanan Bekas Gigitan Tikus

Written By Satu Jurnal on Kamis, 09 Juli 2015 | 20.18


Jombang-(satujurnal.com)
Jelang lebaran jajaran tim gabungan Pemkab Jombang menggelar sidak makanan dan minuman ke sejumlah toko dan gudang penjualan jajanan lebaran, Kamis (09/7/2015).

Hasilnya petugas menemukan produk kadaluarsa yang dijual bebas. Selain itu petugas juga menemukan produk jajanan tak layak bekas gigitan tikus yang di jual pedagang.

Petugas gabungan dari Pemkab Jombang ini langsung menyisir pertokoan dan gudang penjualan makanan dan minuman, terutama jajanan lebaran di Pasar Peterongan,Jombang.

Petugas memeriksa satu persatu produk makanan yang di jual di etalase toko. Petugas menemukan sejumlah produk yang tidak mencantumkan masa kadaluarasa. Sejumlah produk makanan roti kering juga diketahui telah habis masa kadaluarsanya.

Bahkan salah satu gudang penjualan makanan, petugas menemukan praktek pengemasan makanan tanpa ijin. Sejumlah produk yang dijual juga disimpan di tempat yang tidak memenuhi standar kelayakan.

Yulien Oertanti Kabag Perekonomian Pemkab Jombang mengatakan, produk makanan rusak bekas gigitan tikus juga ditemukan di lapak pedagang.

“Semua produk yang kadaluarsa ini akan ditarik dan dimusnahkan. Sedang terhadap penjual akan kami beri pembinaan,” akunya.

Ia meminta warga untuk waspada untuk membeli produk di pertokoan maupun minimarket. Karena setiap memasuki perayaan hari besar dan pergantian biasanya dimanfaatkan oknum yang sengaja mengeluarkan produk yang tidak layak untuk dikonsumsi. Mulai kadaluarsa, rusak hingga tanpa dilengkapi tanggal kadaluarsa yang jelas.

Untuk melindungi konsumen, lanjut Yulien, Pemkab Jombang akan terus menggelar razia dan memeriksa makanan dan minuman. “Jika dalam sidak nantinya masih ditemukan, penjual nakal yang sebelumnya sudah diberi peringatan dan pembinaan akan diproses secara hukum,” tandasnya. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved