Headlines :
Home » » Ada Kontes Batu Akik di Muktamar NU

Ada Kontes Batu Akik di Muktamar NU

Written By Satu Jurnal on Selasa, 04 Agustus 2015 | 18.30


Jombang-(satujurnal.com)
Banyak cara dilakukan untuk menyemarakkan pagelaran akbar Muktamar NU ke-33 di Jombang.

Salah satunya adalah dengan menggelar kontes batu akik berbagai jenis warna  bentuk motif hingga keunikan.

Selain menyemarakkan muktamar, kontes batu akik tersebut bertujuan memperkenalkan kekayaan alam Indonesia yang memiliki potensi ekonomi bagi masyarakat.

Kontes yang mengambil nama Nusantara Gemstone Competition & Exhibition Fair 2015 digelar di halaman samping areal makam pendiri NU, KH Wahab Hasbullah di Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas Jombang.

“Kegiatan ini kami namakan dengan Nusantara Gemstone Competition & Exhibition Fair 2015,” kata Mochammad Iqbal saat dihubungi media ini. Dalam penjelasannya, Iqbal menandaskan bahwa seluruh kegiatan dalam rangkaian memeriahkan Muktamar NU, lanjutnya.

Selama acara berlangsung, ada dua momen yang digelar. Pertama adalah kontes batu yang diadakan mulai 3 hingga 4 Agustus 2015. .

Kegiatan ini nantinya akan memperebutkan hadiah tropi dan uang tunai jutaan rupiah. “Untuk juara umum mendapatkan 1 unit sepeda motor,” katanya.

Peserta kontes yang berasal dari berbagai daerah di Nusantara ini membawa berbagai jenis batu akik miliknya untuk diikutsertakan dalam kontes. Mulai dari jenis batu bacan motif angka, gambar bunga ataupun binatang hingga potongan bambu yang memfosil.

Menurut salah seorang peserta, selain mengikuti kontes batu akik , ia juga turut menyemarakkan muktamar.

Batu akik yang diikutkannya kontes, mulai dari jenis bacan junjung drajat hingga fosil bambu batu akik yang pernah juara pun dijualnya setara dengan harga mobil Pajero.

Juri khusus yang didatangkan oleh panitia pun langsung memeriksa batu akik jenis bacan dalam kontes tersebut. Selain keindahan warna,  juga struktur batu dinilai dalam kontes tersebut.

menurut panitia, kontes batu akik tersebut menunjukkan bahwa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Bahkan jika dimanfaatkan betul akan menjadi sumber perekonomian salah satunya adalah melalui kontes batu akik ini.

Selain kontes batu akik juga terdapat 94 stand penjual batu akik. Stand batu akik yang menawarkan berbagai jenis bebatuan Nusantara banyak diserbu pengunjung. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved