Headlines :
Home » » Harga Ayam Potong Melambung, Peternak Merugi

Harga Ayam Potong Melambung, Peternak Merugi

Written By Satu Jurnal on Jumat, 21 Agustus 2015 | 19.20


Jombang-(satujurnal.com)
Tingginya harga daging ayam di pasar tradisional hingga tembus Rp 34 ribu perkilogram ternyata berbanding terbalik dengan harga daging ayam di tingkat peternak.

Selama dua pekan terakhir harga daging ayam di tingkat peternak justru mengalami penurunan. Padahal saat ini harga daging ayam di pasaran terpaut lebih dari separuh harga yang diterima peternak.

Saat ini harga daging ayam perkilonya Rp 34 ribu perkilogram, harga tersebut sudah naik sejak sepekan lalu yang sebelumnya Rp 31 ribu hingga Rp 32 ribu perkilogram. Ironisnya harga daging ayam di tingkat peternak saat ini hanya Rp 17 ribu hingga Rp 18 ribu perkilonya.

Menurut Wasubi, salah satu peternak ayam desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang, pemicu kenaikan harga daging ayam di Jombang karena dua faktor. Pertama karena rantai penjualan terlalu panjang dan kedua karena faktor cuaca. Musim kemarau memicu banyak ayam yang mati di kandang. Sehingga terpaksa dipanen dini pada usia 28 hingga 30 hari meski bobotnya belum ideal seperti pada usia 35 hingga 40 hari.

Warsubi mengatakan, harga ideal daging ayam di pasaran sebenarnya di kisaran Rp 28 ribu hingga Rp 29 ribu per kilogram. Dengan asumsi harga daging ayam di tingkat peternak maksimal Rp 18 ribu perkilogram.

Agar peternak tak semakin merugi dan masyarakat terjaga daya belinya, Warsubi berharap ada upaya nyata dari pemerintah. Diantaranya mengeluarkan subsidi pada harga pakan ternak yang terus mengalami tren kenaikan serta adanya regulasi penetapan harga daging ayam. sehingga harga ayam tidak akan mengalami fluktuasi seperti saat ini.(rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved