Headlines :
Home » , » Jokowi : Warga NU Berperan Besar Bangun Peradaban dan Toleransi

Jokowi : Warga NU Berperan Besar Bangun Peradaban dan Toleransi

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 01 Agustus 2015 | 22.39

Presiden RI Joko Widodo
Jombang-(satujurnal.com)
Presiden RI Joko Widodo secara resmi membuka Muktamar NU ke-33 Alun-Alun Jombang, Sabtu (01/8/2015) sekitar pukul 20.35 WIB.

Presiden yang populer disapa Jokowi ini hadir bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. 
Dalam helatan akbar warga nahdliyin ini, tampak hadir pula Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri dan sejumlah menteri kabinet kerja, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan, Kapolri Jenderal Pol Badrodin Haiti, mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi dan Rektor UINSA Sunan Ampel Prof Abdull A'la, Ketua Umum Partai Golkar kubu Ancol, Agung Laksono, mantan Ketua MK Mahfud MD, mantan Mendikbud M Nuh, mantan Menag Maftuh Basyuni.

Dalam amanatnya, Jokowi berkemeja koko berbalut jas serta bersarung merah maron menyebut NU memberi kontribusi besar dalam menjaga Indonesia.

“Warga nahdliyin berperan besar dalam membangun peradaban antar bangsa yang semakin terbuka demokratis dan berkeadilan,” ucapnya.

Ia pun menyinggung kerusuhan Tolirakara yang dinilainya akibat ulah segelintir orang yang mengabaikan toleransi.

“Kejadian kerusuhan di Tolikara Papua bertepatan dengan Idul Fitri lalu menjadi pelajaran dan koreksi untuk membangun toleransi yang baik antar umat beragama. Tolerenasi yang baik tidak boleh lagi dinodai oleh segelintir orang,” tandasnya.

Diujung pidatonya, Jokowi mengajak semua pihak meningkatkan dialog dan sikap toleran.

”Mari kita teguhkan posisi Nahdlatul Ulama sebagai jamiah diniyah Islamiyah yang moderat. Mari kita tingkatkan dialog, sikap toleran dan komunikasi yang baik didalam kehidupan keagamaan. Dengan karakter Nahdlatul Ulama yang sering menggiatkan semangat toleransi, musyawarah dan mufakat, Saya berkeyakinan akan bejalan dengan lancar, damai sejuk dan sukses,” katanya. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved