Headlines :
Home » » Pemuda Bareng Upacara Kemerdekaan 'Nyebur' Sungai

Pemuda Bareng Upacara Kemerdekaan 'Nyebur' Sungai

Written By Satu Jurnal on Senin, 17 Agustus 2015 | 13.40


Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan pemuda Dusun Banjarsari  Desa Bareng, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang menggelar upacara bendera HUT ke 70 Kemerdekaan Indonesia, di sungai desa setempat, Senin (17/8/2015).

Sebelum menggelar upacara bendera mereka beramai-ramai membersihkan aneka sampah organik dan anorganik dari dalam sungai yang kotor sebagai wujud kecintaan terhadap lingkungan.

Usai bersih-bersih sungai mereka langsung membentuk barisan.

Layaknya upacara bendera pada umumnya, terdapat satu orang pemimpin upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Doa dan pembacaan amanah upacara Bendera 17 Agustus sebagai hari kemerdekaan RI. 

Meski sederhana upacara berlangsung khidmat. Suasana upacara nampak ceria.

Mereka menyanyikan lagu nasional 17 agustus 1945 dan melantunkan lagu kebangsaan Indonesia Raya, 

Bahkan puluhan ibu-ibu dan warga yang menonton upacara bendera di atas sungai ini juga turut bersikap hormat dan menyanyikan lagu kebangsaan.

Diujung acara dan sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan satu per satu pemuda-pemudi desa ini mencium sang saka merah putih.

Menurut Samiaji, salah seorang tokoh pemuda desa setempat, upacara di atas sungai ini digelar mengandung pesan moral, yakni sebagai bentuk nasionalisme dan pentingnya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif.(rg)




Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved