Ratusan Offroader Berlaga di Jatim Extreme Challenge seri II - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Ratusan Offroader Berlaga di Jatim Extreme Challenge seri II


Jombang-(satujurnal.com)
Ratusan offroader dari berbagai daerah turut ambil bagian dalam kejuaraan offroad tingkat nasional Jatim Extreme Challenge seri II  di Sirkuit Banjardowo, Kecamatan Jombang Kota, Kabupaten Jombang banjardowo kabupaten jombang.

Kejuaraan yang digelar 7-9 Agustus ini diikuti offroader pemula dan senior.
Medan yang curam berkelok-kelok dan berbatu menjadi tantangan tersendiri bagi para offroader untuk menaklukkan.
Lokasi ini memberikan tantangan yang berat bagi para offroader karena jalur yang harus mereka lalui merupakan lokasi bekas penambangan galian pasir batu.
Para offroader harus melintasi medan yang penuh dengan lobang yang menganga, gundukan tanah yang menjulang serta bebatuan yang terjal dan licin.

Tak jarang mobil offrader sampai harus terbalik? bahkan ada juga mobil yang as rodanya patah atau ban pecah.
Namun demikian para peserta mengaku puas dengan track extrem tersebut karena sangat memacu adrenalin dan menantang.
Ketua Pengurus Daerah (Pengda) IOF Jatim Sunaryo mengatakan, Jatim Extreme Challenge Seri II digelar dua kategori perlombaan, yakni kelas Extreme Adventure Offroad dan Mud Racing Offroad. 

Untuk kelas extreme adventure menempuh total 7 SCS (Special Competition Stage), sedangkan Mud Racing menempuh 4 SCS.

Mud Racing merupakan gelaran perdana dari IOF Pengda Jatim dengan membuka kelas 1000 cc (exhibition). 

"Kegiatan ini untuk menjaring bibit-bibit offroader di Jawa Timur. Selain itu juga sebagai ajang silaturahmi para penggemar offroad," ujar Sunaryo, Minggu (09/8/2015).

Menurutnya, kelas Mud Racing menguji kemampuan dan kecepatan peserta dalam melewati track-track yang sulit.

Sedangkan kelas extreme mengadu kecepatan peserta dalam melintasi medan yang benar-benar extreme seperti lubang besar atau menaiki bukit dengan tingkat kemiringan yang sangat curam.
Dibandingkan dengan tantangan yang harus mereka hadapi, hadiah yang disediakan panitia dalam event ini memang tidak seberapa. Hanya berupa uang pembinaan masing-masing untuk juara I Rp 20 juta, juara II Rp 15 juta dan juara III Rp 10 juta.
Namun bagi para offrouder dalam event-event seperti ini bukan hadiah yang mereka kejar, tetapi semangat kebersamaan sesama offroader

Sebelumnya .Jatim Extreme Challenge Seri I digelar beberapa bulan lalu di daerah Pandaan Pasuruan. Sedangkan untuk seri III akan segera digelar beberapa bulan mendatang. (rg)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional