copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Yunus Suprayitno Bakal Lepas Jabatan Ketua Dewan

Yunus Suprayitno (berkacamata) dan Purnomo

Mojokerto-(satujurnal.com)
Kursi Ketua DPRD Kota Mojokerto yang dipegang Yunus Suprayitno, politisi asal PDI Perjuangan bakal digantikan Purnomo, sejawatnya yang kini memegang kendali Fraksi PDI-Perjuangan.

Kursi yang diduduki Yunus Suprayitno hampir setahun belakangan ini harus dilepas, menyusul usulan struktural PDI Perjuangan Kota Mojokerto yang dilayangkan ke pimpinan Dewan, terkait surat keputusan (SK) DPP PDI Perjuangan yang menunjuk Purnomo sebagai kader partai yang berhak duduk di kursi pimpinan DPRD Kota Mojokerto.

SK DPP PDI Perjuangan itu sudah terbit sebelum Yunus Suprayitno dilantik sebagai ketua Dewan. Namun baru hari ini ada tindaklanjut.  

“SK DPP yang menunjuk Purnomo sebagai ketua dewan itu turun selang beberapa jam setelah saya dilantik sebagai ketua Dewan. Kalau posisi ketua sekarang harus saya lepas, ya tidak masalah. Sebagai kader partai, saya harus tunduk perintah partai,” kata Yunus Suprayitno, Kamis (27/8/2015).

Yunus Suprayitno membeber ikhwal terpilihnya ia sebagai ketua Dewan tak lepas dari momen pengesahan Perubahan APBD 2014. “Pengesahan P-APBD 2014 bisa terganjal jika tidak ada pimpinan Dewan definitif. Sebagai partai dengan kursi di Dewan, akhirnya saya ditetapkan sebagai ketua Dewan," ujarnya.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jawa Timur Kusnadi mengungkap, SK Gubernur Jawa Timur tentang personalia pimpinan DPRD Kota Mojokerto terbit karena rekomendasi Walikota Mas’ ud Yunus.

SK Gubernur Jawa Timur tentang pengangkatan Yunus Suprayitno sebagai ketua DPRD Kota Mojokerto kata Kusnadi tidak dilandasi ketentuan yang diatur dalam PP (peraturan pemerintah) yang menentukan, bahwa jabatan ketua Dewan harus atas rekomendasi induk partai, dalam hal ini DPP PDI Perjuangan.

Meski akhirnya Yunus Suprayitno menduduki jabatan pucuk di kursi legislatif, namun menurut Kusnadi ada kesanggupan pengunduran diri yang bersangkutan jika DPP Ia juga membantah terkatung-katungnya agenda pergantian ini bukan karena kesengajaan. "Bukan kesengajaan, hanya karena situasional dan kondisional. Bukan karena membangkang atau apa," pungkasnya. PDI Perjuangan merekomendasi nama lain.

Disinggung soal ini, Yunus Suprayitno enggan berkomentar. “Itu hanya Tuhan yang tahu,” kilahnya.
Ia juga membantah agenda pergantian ketua Dewan itu karena kesengajaan. "Bukan kesengajaan, hanya karena situasional dan kondisional. Bukan karena membangkang atau apa," pungkasnya.

Percepatan pergantian ketua Dewan ini tak terelakkan. Pasalnya, pagi kemarin Purnomo bersama sejumlah anggota Dewan segera menghadap Walikota. Langkah lobi-lobi ini dimungkinkan bagian skenario mempercepat pergantian ketua. Sesuai dengan ketentuan yang ada, mekanisme pergantian ketua ini diusulkan DPRD melalui sidang paripurna dan diteruskan kepada Gubernur untuk mendapatkan persetujuan.

"Usulan pergantian ini kita ajukan kepada Walikota dan diteruskan kepada Gubernur. Dalam 21 hari sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) gubernur sudah memberikan keputusannya," jelas Wakil Ketua DPRD Kota Mojokerto, Umar Faruq usai memimpin sidang paripurna tentang usulan pergantian pimpinan Dewan siang tadi. (one)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: politik dan pemerintahan

Terima Kasih Telah Membaca Yunus Suprayitno Bakal Lepas Jabatan Ketua Dewan. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Yunus Suprayitno Bakal Lepas Jabatan Ketua Dewan"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top