Headlines :
Home » » 155 Aset Tanah Pemkot Mojokerto Tak Bersertifikat

155 Aset Tanah Pemkot Mojokerto Tak Bersertifikat

Written By Satu Jurnal on Rabu, 02 September 2015 | 21.08


Mojokerto-(satujurnal.com)
Sebanyak 155 dari total 811 bidang tanah aset Pemkot Mojokerto masih belum bersertifikat. Sementara sampai saat ini terdapat 47 aset tanah yang masih dalam proses sertifikasi. Sedangkan 656 aset sudah bersertifikat. 

Posisi aset barang tidak bergerak tersebut dipaparkan Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus usai penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemkot Mojokerto dengan Kepala Kanwil Direktorat Jendral Kekayaan Negara (DJKN) Jawa Timur dan Badan Pertanahan Kota Mojokerto di Ruang Nusantara Pemkot Mojokerto, Rabu (2/9/2015).

"Menurut catatan Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Mojokerto, dari total 811 aset tanah yang dimiliki Pemerintah Kota Mojokerto saat ini sejumlah 656 aset sudah bersertifikat. Tahun 2015 sampai dengan sekarang, telah terselesaikan 15 sertifikat dan 47 bidang masih dalam proses dari 155 bidang belum bersertifikat," kata Mas'ud Yunus. 

Berdasarkan hal itu, lanjutnya, Pemkot Mojokerto perlu bersinergi untuk penyelesaian penilaian dan pelelangan aset yakni dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang yang berada di bawah kantor wilayah DJKN Jatim serta Kantor Pertanahan Kota Mojokerto dalam hal pengamanan aset tanah Pemkot Mojokerto," kata Mas'ud Yunus.

"Sehingga masalah penghapusan terutama dari bangunan akan menjadi sebuah rutinitas terus menerus harus diselesaikan secara cepat, cermat dan tertib. Sesuai dengan PP nomor 27 tahun 2014 tentang pengelolaan barang milik negara atau milik daerah," tukasnya. 

Kerjasama dengan dirjen kekayaan milik negara ini, ujarnya, menjadi sangat penting. "Karena sebagai satu-satunya lembaga lelang milik pemerintah, proses pengembangan infrastruktur dapat terhambat jika proses penilaian dan pelelangan berjalan lamban," tukasnya. (one)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved