Headlines :
Home » » Ditemukan Hewan Kurban Terjangkit Penyakit Kulit Skabies

Ditemukan Hewan Kurban Terjangkit Penyakit Kulit Skabies

Written By Satu Jurnal on Senin, 21 September 2015 | 19.59


Jombang-(satujurnal.com)
Sejumlah hewan kurban jenis kambing yang diperdagangkan di Kabupaten Jombang terjangkit penyakit skabies dan influenza.

Hewan kurban berpenyakit ini ditemukan Dinas Perternakan Jombang saat sidak di sepuluh lapak yang tersebar di wilayah Jombang, Senin (21/9/2015).

Petugas Dinas Peternakan menyebut, banyak kambing yang berpenyakit skabies atau penyakit kulit dan terjangkit influenza akibat sanitasi kandang yan tidak layak serta iklim kemarau panjang.

Agar tidak menimbulkan penyakit lainnya serta layak dikonsumsi, kambing yang diketahui berpenyakit langsung diberi suntikan vitamin.

Di setiap lapak, seperti di kawasan jalan raya KH Hasyim Asyari, Parimono dan jalan Pahlawan petugas melakukan pemeriksaan organ vital kambing seperti di bagian mata, mulut, kulit. Semuanya tak luput dari pemeriksaan petugas. Dari sidak ini sejumlah dokter hewan dari Dinas Peternakan menemukan banyaknya kambing kurban yang tak sehat kondisinya.

“Rata-rata penyakit hewan kurban antara lain penyakit skabies atau kudisan karena jamur atau parasit yang menempel pada kulit kambing. Influenza karena iritasi saluran pernafasan dampak faktor perubahan cuaca, termasuk karena sanitasi kandang sementara tempat berjualan yang tidak layak,” Kabid Pengawasan Peternakan, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, drh Azis Daryanto.

Menurut Aziz pihaknya langsung memberikan suntikan vitamin untuk seluruh hewan kambing yang diketahui sakit, sekaligus memisahkan kambing yang sakit dari yang lainnya.

“Tindakan ini kami lakukan untuk mencegah penyebaran kedua penyakit yang mudah menular,” tandasnya.

Terhadap penemuan sejumlah hewan kurban yang berpenyakit, Dinas Peternakan menghimbau masyarakat untuk lebih teliti dan waspada dalam memilih hewan sebab jika dipaksakan dikonsumsi akan berdampak kepada kesehatan manusia.(rg)



Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved