Headlines :
Home » » Hadiri 2nd AMF di Makasar, Wawalikota Suyitno : Ajang Berbagi Pengalaman Membangun Kota

Hadiri 2nd AMF di Makasar, Wawalikota Suyitno : Ajang Berbagi Pengalaman Membangun Kota

Written By Satu Jurnal on Minggu, 13 September 2015 | 21.26


Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Walikota Mojokerto Suyitno bertemu dengan koleganya, 150
walikota se Indonesia dan Asia Tenggara di ajang 2nd ASEAN Mayors Forum (AMF) 2015 di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, akhir pekan lalu.

AMF beranggotakan Walikota se-Indonesia, Malaysia, Singapura, Brunai Darussalam, Filipina, Thailand, Laos, Kamboja, Myanmar dan Vietnam.

Suyitno yang mewaliki Mas’ud Yunus  mengatakan, dalam pertemuan yang digelar di Hotel Seraton Makasar, 8-10 September 2015,dibuka Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo dan dihadiri Duta Besar serta Gubernur dari negara-negara anggota ASEAN tersebut, para walikota saling belajar dan berbagi pengetahuan untuk mendorong pembangunan berkelanjutan untuk mencapai masyarakat yang lebih kuat di kawasan ASEAN.
“ASEAN Mayors Forum merupakan kegiatan yang sangat baik dan strategis. Karena melalui kegiatan tersebut, para peserta dapat saling bertukar informasi, berkaitan dengan bagaimana strategi dalam meningkatkan
kemajuan daerah,” katanya, Minggu (13/9/2015).

AMF yang kali kedua digelar setelah di Surabaya 2011 silam itu, menurut Suyitno merupakan kegiatan yang sangat penting bagi pengembangan daerah.

“Melalui ASEAN Mayors Forum, para peserta juga dapat memberikan informasi tentang berbagai potensi yang dimiliki oleh daerah masing-masing. Sehingga setiap kota bisa tumbuh dan maju bersama,” jelasnya.

Dari kegiatan ini didapatkan beberapa keputusan dan kesepakatan penting, yakni Deklarasi Makassar. Temaktub dalam deklarasi ini, AMF harus mendukung masyarakat ASEAN mewujudkan kesejahteraan warganya.
AMF menginginkan ASEAN sebagai kekuatan regional, nasional dan lokal yang berakar di masing-masing kota. Pilar masyarakat ASEAN harus ada
di kota.

AMF membuat sekretariat dan saling tukar informasi untuk pengembangan kota-kota anggotanya. Dan yang terakhir, AMF membentuk Universitas 
ASEAN dan Forum Pemuda Kota Kawasan ASEAN. Pada kesempatan ini juga disepakati Kota Makassar sebagai Sekretariat AMF. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved