Headlines :
Home » » Harga Kambing Naik, Peternak Masih Optimis Laku Jual

Harga Kambing Naik, Peternak Masih Optimis Laku Jual

Written By Satu Jurnal on Rabu, 16 September 2015 | 15.28

 
Jombang-(satujurnal.com) 
Meskipun harga kambing semakin dekat hari raya Idul Adha semakin tinggi namun peternak di Jombang optimis bisa menghabiskan ratusan ekor kambing. Pasalnya, grafik transaksi mereka terus menunjukkan kenaikan. 

Kenaikan harga kambing kini berkisar Rp 300 ribu, dibanding satu bulan lalu. 
 
Seperti kondisi yang terjadi di sejumlah kandang pada sentra peternak kambing di Desa Sumbermulyo, Kecamatan Jogoroto. Hingga H-8 Idul Adha masih masih tampak ratusan ekor kambing di sentra ini, salah satunya milik Ali Badrin.

Meski stok kambing Ali Badrin masih berjumlah 200 ekor lebih, namun jumlah ini sebenarnya telah berkurang sekitar 80 ekor. Sebab setiap hari dibeli pedagang maupun dibeli langsung oleh warga yang akan berkurban.

Kambing-kambing ini sengaja dipersiapkan untuk hewan kurban, sehingga perawatannya berbeda. 

Peternak benar-benar menjaga makanan dan kesehatan kambing. Kambing-kambing ini juga menjalani pemeriksaan rutin oleh petugas kesehatan. sehingga tidak perlu diragukan jika disembelih untuk hewan kurban.
  
Dikarenakan stok yang cukup banyak, sejumlah pedagang luar daerah seperti dari Kabupaten Gresik juga membeli langsung ke kandang kambing milik Ali Badrin untuk dijual lagi. Sebab harganya masih memungkinkan pedagang untuk memperoleh keuntungan yang cukup.

Harga kambing di kandang milik Ali Badrin ini mulai Rp 1.7 juta hingga Rp 3,5 juta perekor.

Harga ini telah mengalami kenaikan dibanding satu bulan lalu. Kenaikannya berkisar Rp 300 ribu perekor. Diperkirakan semakin dekat Idul Adha masih akan mengalami kenaikan lagi, sebab peminatnya semakin banyak.(rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved