Krisis Air Bersih, Warga Marmoyo Gunakan Air Resapan Sungai Kering - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Krisis Air Bersih, Warga Marmoyo Gunakan Air Resapan Sungai Kering


Jombang-(satujurnal.com) 
Beberapa daerah hujan sudah turun bahkan terjadi banjir , namun kekeringan akibat kemarau panjang masih terus melanda sebagian wilayah di Jombang. Diantaranya di Desa Marmoyo, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang.

Akibat kekeringan yang semakin parah, warga desa ini terpaksa harus berburu air bersih dari lobang-lobang kecil yang mereka buat di dasar sungai yang sudah mengering.

Jika air sudah habis warga harus menunggu beberapa lama hingga air terkumpul kembali di dalam lobang. Atau jika terlalu lama airnya tidak keluar warga harus mencari sumber air ke dalam hutan dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer.

Warga Desa Marmoyo mengaku sudah mengalami kesulitan air bersih sejak tiga bulan lalu.

Meski sudah meminta bantuan ke pemerintah namun mereka hanya diberi bantuan satu tangki air. Itupun hanya tiga atau empat hari sekali, sehingga tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari,

Menurut warga, kesulitan air bersih seperti ini rutin terjadi setiap musim kemarau tiba.

Mereka berharap pemerintah segera mencarikan solusi agar krisis air bersih yang rutin terjadi setiap kemarau ini bisa ditanggulangi.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional