Krisis Air Bersih, Warga Ngrimbi Tempuh 2 Km untuk Dapatkan Air Sungai Keruh - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Krisis Air Bersih, Warga Ngrimbi Tempuh 2 Km untuk Dapatkan Air Sungai Keruh


Jombang-(satujurnal.com)
Warga Dusun Wonorejo, Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, mulai kesulitan air bersih. Sejak awal musim kemarau sekitar sebulan lalu, ratusan warga yang tinggal di lereng Gunung Anjasmoro tersebut terpaksa menggunakan air sungai yang keruh untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Ini karena sumur yang ada dirumah mereka mengering.

Setiap pagi hingga siang hari mereka terpaksa harus ke sungai yang berada di tengah hutan untuk mengambil air sungai itu. Warga harus bersusah payah menyusuri tebing untuk sampai di lokasi yang berjarak sekitar 2 kilometer dari pemukiman penduduk.

Meski kondisi air keruh dan bercampur sampah, namun warga setempat tetap mengambilnya. Pasalnya sungai kecil itu menjadi satu-satunya sumber air. Air dari rembesan yang berada disungai kecil ini dibutuhkan warga untuk keperluan mandi dan mencuci baju.


meskipun air yang bercampur sampah namun warga tidak takut terkena penyakit kulit. Karena sudah bertahun tahun memakai air sungai saat musim kemarau tiba.

Warga berharap pemerintah segera menyalurkan air bersih ke pemukiman setempat. Mereka juga meminta pemerintah membuatkan saluran air bersih yang bisa mereka gunakan saat musim kemarau.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional