Headlines :
Home » » Permudah Akses PUMK, Bank Jatim Luncurkan Kredit SiUMI

Permudah Akses PUMK, Bank Jatim Luncurkan Kredit SiUMI

Written By Satu Jurnal on Kamis, 17 September 2015 | 16.02

                         
Mojokerto-(satujurnal.com)
Ketidakmampuan mengakses permodalan dari perbankan lantaran terkendala legalitas usaha masih menjadi persoalan jamak yang dihadapi Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (PUMK). Padahal di sisi usaha mereka sangat feasible. 

Akibat lebih jauh para pelaku usaha ini tidak dapat berdaya saing dan mengembangkan usahanya menjadi lebih besar. 

Agar PUMK berdaya dan mampu menembus kebuntuan akses permodalan Bank Jatim memberi ruang bagi mereka melalui produk SiUMI (Siklus Usaha Mikro Kecil). 

Produk SiUMI yang bersifat multifungsi tersebut diperkenalkan Dirut Bank Jatim, R. Soeroso dalam rangkaian acara peresmian Pabrik Fiber Cement Board KWSG di Mojokerto, yang dihadiri
Deputi Bidang Pengembangan dan Restrukturisasi Usaha, Kementerian Koperasi dan UKM Braman Setyo dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf, Kamis (17/9/2015).

"Produk SiUMI Bank Jatim merupakan produk multifungsi. Selain dapat berfungsi sebagai Surat Ijin Usaha bagi pelaku usaha mikro dan kecil, SiUMI juga dapat berfungsi sebagai  kartu ATM serta dapat dijadikan sebagai akses permodalan bagi pelaku usaha produktif skala mikro dan kecil melalui kredit modal kerja ataupun investasi di  Bank Jatim," kata R. Soeroso.

Menurutnya, program penerbitan kartu Ijin Usaha Mikro Kecil (IUMK) ini nantinya akan diberlakukan untuk seluruh wilayah di Indonesia bekerjasama dengan berbagai lembaga seperti perbankan, Pemerintah Provinsi, Kabupaten/kota. Khusus untuk wilayah Jawa Timur. Pemerintah Provinsi memiliki kebijakan untuk menggandeng Bank Jatim sebagai mitra perbankan yang dapat memfasilitasi kebutuhan PUMK tersebut. 

"Dalam penerapan di lapangan, Bank Jatim akan bekerjasama dengan Pemerintah, Dinas Provinsi, Pemerintah Kota dan Pemerintah Kabupaten yang terkait dalam mendapatkan calon nasabah yang potensial untuk dibina menjadi pelaku usaha yang lebih baik," terang R. Suroso.

Dipaparkan, dengan adanya kebijakan dari Pemerintah Pusat hingga sampai tingkat Kecamatan dalam komitmen memberdayakan pelaku usaha mikro dan kecil dalam kemudahan pembuatan kartu ijin usaha ini, maka diharapkan dapat meningkatkan daya saing mereka dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Lebih jauh Soeroso mengatakan, pelaku UMKM merupakan motor penggerak perekonomian daerah. Karena itu, perlu upaya lebih lanjut dari berbagai pihak untuk dapat memberdayakan segmentasi tersebut menjadi lebih baik.

“Sebagai salah satu perbankan yang memiliki visi dan misi memajukan perekonomian daerah, bankjatim memiliki kewajiban moral untuk memfasilitasi dan mendukung program pemerintah salah satunya dengan menerbitkan produk SiUMI ini agar dapat membantu pelaku usaha mikro kecil dalam mendapatkan ijin usaha serta dapat mendukung transaksi, penyimpanan dana ataupun perkreditan (akses layanan perbankan) lainnya,” jelas Soeroso.

Diharapkan dengan ditunjuknya Bank Jatim sebagai bank penyelenggara penerbitan kartu ijin usaha mikro kecil untuk wilayah Jawa Timur ini, serta didukung penuh oleh seluruh tingkat pemerintahan program SiUMI
mampu membawa pelaku usaha mikro dan kecil di Jawa Timur dapat berdaya saing dan menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri ketika memasuki MEA di akhir tahun 2015. (one)
 

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved