Headlines :
Home » » Swalayan Sanrio Dilalap Api

Swalayan Sanrio Dilalap Api

Written By Satu Jurnal on Senin, 21 September 2015 | 19.20


Mojokerto-(satujurnal.com)
Sanrio swalayan jalan Bhayangkara, di jalan Bhayangkara Kota Mojokerto mengalami kebakaran hebat. Asal api diketahui dari lantai tiga gedung tempat mainan anak-anak dan gudang administrasi. Akibatnya lantai dua dan tiga pusat pertokoan serta super market ini ludes dilalap api.

Suasana panik karyawan dan petugas keamanan nampak di lokasi kebakaran. Kobaran api terlihat dari lantai tiga. Besarnya kobaran api dan hilir mudik karyawan serta pengendara yang nekad mendekati lokasi kebakaran, menyebabkan menutup total akses sepanjang jalan Bhayangkara. Pengguna jalan dari arah Jalan Gajah Mada tidak boleh ke kanan, pengguna jalan dilewatkan Jalan Raden Wijaya. Dari arah Jalan Brawijaya pengguna dilewatkan Jalan Joko Sambang.

Si jago merah terus meluas melahap bangunan. Angin kencang kian mempercepat rembetan api. Karyawan toko hanya tertegun melihat.

Besarnya api di gudang lantai dua kemudian merembet ke arena permainan anak-anak. Dua unit PMK yang datang pertama kali tak mampu mencegah api yang berkobar di lantai dua. Selain kecepatan angin dan api yang berkobar, petugas PMK kesulitan mencapai titik api karena medannya cukup sulit.

Kondisi yang karut marut, membuat karyawan lari tunggang langgang. Ada yang lari ke jalan untuk menyelamatkan diri agar terhindar dari api. Selama penyemprotan berlangsung, petugas PMK fokus pada dua stan di lantai satu yang menjual elpiji.

Sekitar lima belas menit kemudian lima unit mobil pemadam kebakaran mulai berdatangan. Petugas langsung melakukan penanganan. Namun kobaran api belum bisa dijinakkan.

Petugas PMK terus menyemprotkan air di bagian atas di dua stan itu agar dua stan tersebut tak terjilat api. Dikhawatirkan dua stan tersebut meledak karena di dalamnya penuh dengan elpiji. Petugas Polres Mojokerto Kota dan petugas TNI lainnya menyarankan agar masyarakat dan wartawan yang meliput disarankan untuk minggir.

"Silakan menyingkir agak jauh khawatir elpijinya meledak," tutur petugas Polres Mojokerto Kota lewat pengeras suara.

Sejumlah karyawan mengaku tidak tahu ikhwal kebakaran. Menurut Vivi, salah satu karyawan, tiba-tiba saja sejumlah karyawan yang berada di lantai dua dan lantai satu diperintahkan keluar gedung.

“Hanya dikatakan terjadi kebakaran di lantai tiga,” ujar Vivi.

Tak pelak, munculnya api menyebabkan sejumlah karyawati shok kala menyelamatkan diri.
Hampir dua jam, api belum juga bisa dijinakkan petugas. Selain lokasi belakang gedung yang sulit dijangkau, juga disebabkan kobaran api yang diterjang angin sangat kencang, sehingga cepat merembet ke lokasi yang lainya.

Belum diketahui pasti penyebab kebakaran. Namun eerugian akibat kebakaran ini diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. Karena barang yang ada di lantai II dan lantai I tidak ada yang dikeluarkan.

Dandim 0815 Letkol (Inf) Djohan Darmawan datang ke lokasi untuk memantau kebakaran. "Saya menurunkan 1 SSK untuk membantu PMK dan mengamankan barang-barang di Sanrio khawatir ada penjarahan," ujar Dandim di lokasi. (wie)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved