Headlines :
Home » » Kebakaran Hutan Gunung Penanggungan, 6 Pendaki Terjebak 3 Berhasil Dievakuasi

Kebakaran Hutan Gunung Penanggungan, 6 Pendaki Terjebak 3 Berhasil Dievakuasi

Written By Satu Jurnal on Sabtu, 24 Oktober 2015 | 20.55


Mojokerto-(satujurnal.com)
Kebakaran hutan di Gunung Penanggungan, Desa Tamiajeng,
Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto hingga petang ini semakin meluas. Sementara, posko pendakian puncak pawitra (Sebutan Gunung Penanggungan) ditutup total untuk para pendaki.

Ubaid, salah satu petugas Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) menegaskan pihaknya menutup jalur pendakian ditiga titik yakni di Posko Pendakian Tamiajeng, jolotundo dan Jedong Ngoro. 

Menurut Ubaid, ditutupnya jalur pendakian untuk menghindari korban pendaki yang terjebak api. "Dari 6 pendaki baru 3 yang sudah
berhasil dievakuasi petugas dalam keadaan sehat-sehat aja. Namun 3
pendaki yang lain masih di sekitar pos 3, ketiganya masih terjebak.

Sedangkan terkait penutupan jalur pendakian, kami lakukan hingga
kondisi kebakaran benar-benar padam total," ungkap Ubaid kepada Sabtu (24/10/2015) malam.

Ia menyebutkan, 6 pendaki yang sempat terjebak api masing-masing Ahmadi, Bima dan Latif, ketiganya pendaki asal Surabaya. "Untuk tiga pendaki yang belum bisa di hubungi berasal dari Malang yakni Fanji, May, Abd Halim," katanya.

Pihaknya terus berkomunikasi dengan petugas LMDH yang terus mencari keberadaan ketiga pendaki dengan handy talky (HT).  di posko pendakian puncak pawitra, komunikasi via HT. 

"Ketiga pendaki terjebak di bukit
sarang kelopo," imbuh Ubaid. 

Meski kondisi gelap gulita, tampak ketiga pendaki yang terjebak, selalu menyalakan lampu laser bertanda meminta bantuan pertolongan.

Hingga malam ini, sejumlah relawan Rescue terus melakukan penyisiran untuk mencari keberadaan tiga pendaki yang terjebak api. 

Sementara kondisi api semakin membesar. Bahkan, dari sisi barat api terlihat menjalar kearah puncak penanggungan. Dipastikan, kobaran api menghanguskan puluhan hektar hutan yang masuk wilayah KPH (Kawasan Pemangku Hutan) Pasuruan. (wie)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved