Prajurit dan Masyarakat Gelar Salat Minta Hujan - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Prajurit dan Masyarakat Gelar Salat Minta Hujan


Mojokerto-(satujurnal.com)
Salat istisqa atau salat minta hujan digelar Kodim 0815 Mojokerto dengan melibatkan ratusan warga, ulama dan seluruh jajaran Forkompimda, di Alun-alun Kota Mojokerto, Rabu (28/10/2015) pagi. 

Komandan Kodim 0815, Letkol Johan Darmawan, Walikota Mojokerto, Mas'ud Yunus, Pj Bupati Mojokerto, M Ardi Setyawan menjadi jamaah salat yang digelar usai upacara Harkitnas ini bertujuan untuk meminta hujan agar turun hujan di Bumi Majapahit.

"Dengan shalat istisqa kita kembalikan semua urusan kepada Allah. Memang daerah kita tidak dalam kondisi darurat kekeringan. Tapi sebagai satu bangsa, kita berempati kepada saudara-saudara kita di daerah yang mengalami kekeringan di musim kemarau panjang saat ini," kata KH Rofi'i Ismail, imam shalat Istisqa. 

Menurut Ketua Rais Syuriah PCNU Kota Mojokerto tersebut, shalat istiqsa juga dikhususkan untuk masyarakat korban asap di luar pulau. "Kita  meminta hujan untuk saudara kita yang mendapat musibah asap. Dan karena yang paling efektif untuk pemadaman kebakaran hutan adalah hujan. Mari kita minta hujan kepada pemilikNya," cetusnya. 

Dengan memohon kepada Allah, lanjutnya,  insya Allah hujan segera turun dan masyarakat yang terkena dampak langsung asap bisa hidup normal. 

Sementara itu, Komandan Kodim 0815 Letkol Johan Darmawan mengatakan, sepanjang musim kemarau, TNI menyalurkan air bersih ke sejumlah wilayah yang dinilai kritis, diantaranya wilayah kecamatan Dawar, Ngoro dan Jatirejo.

"Selain bantuan TNI, sejumlah perusahaan juga turut berpartisipasi untuk kegiatan penyaluran air bersih. Kepedulian dan sifat gotong royong ini patut kita pertahankan dan kita tingkatkan," katanya. (one)


Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional