copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Ekpresikan Perjuangan Pahlawan, Seniman Jombang Melukis Ditrotoar


Jombang-(satujurnal.com)
Belasan seniman lukis yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Lukis (KOPI) Jombang memperingati Hari Pahlawan 10 Nopember menggelar aksi melukis di atas media kanvas secara berjajar di trotoar Taman Makam Pahlawan (TMP) Jombang, Selasa (10/11/2015).

Meski hasil goresan para seniman lukis ini berbeda-beda lantaran beda aliran namun mereka berangkat dari satu tema yang diusung, yakni ‘Menggores Arti Pahlawan’.

Sesuai dengan temanya, para pelukis ini melukis wajah-wajah pahlawan dan sosok pejuang serta situasi pada era kemerdekaan 1945 silam.

Agus, salah satu pelukis mengatakan, tema arti pahlawan yang mereka ambil merupakan wujud rasa cinta dan bangga terhadap perjuangan para pahlawan yang telah guru di medan perang kala merebut kemerdekaan.

Dengan media dan alat seadanya para pelukis itu melukis secara berjajar disepanjang trotoar.  Bahkan adapula pelukis yang menggunakan cat berbahan dasar tanah yang diambilnya dari sejumlah daerah ditanah air. Struktur tanah dan warnanya pun berbeda-beda sesuai dengan asal masing-masing.

“Peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember kita ekspresikan dalam bentuk lukisan dengan tema ‘menggores arti pahlawan. Lukisan karya kita kali ini tentang kepahlawanan atau peristiwa 10 Nopember,” ujar Agus, Selasa (10/11/15).

Degan semangat pahlawan yang mereka tuangkan diatas kavas itu, mereka berharap akan dapat menumbuhkan rasa cinta pemuda terhadap tanah air dan bangsa.

Hasil lukisan karya KOPI inipun tak jauh berbeda dengan lukisan hasil para pelukis ternama. Beberapa lukisan pahlawan kemudian mereka pamerkan di disepanjang trotoar depan TMP. Tak jarang, lukisan itu menarik perhatian para pengguna jalan yang sedang melintas. (rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: seni

Terima Kasih Telah Membaca Ekpresikan Perjuangan Pahlawan, Seniman Jombang Melukis Ditrotoar. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Ekpresikan Perjuangan Pahlawan, Seniman Jombang Melukis Ditrotoar"

Back To Top