GRATIS langganan via e-mail

Peringati Hari Pohon Sedunia, Komunitas Rumah Hijau Jombang Gelar Aksi Razia Paku



Jombang-(satujurnal.com)
Momentum Hari Pohon sedunia yang jatuh pada tanggal 21 Nopember diperingati sejumlah pelajar Kota Jombang yang tergabung dalam Komunitas Rumah Hijau dengan menggelar aksi razia paku di pohon-pohon lindung sepanjang jalan kota, Minggu (22/11/2015) pagi. 

Anggota komunitas ini menyisir dan mencabuti paku-paku bekas pemasangan reklame yang masih tertancap di pohon. Aksi melematkan pohon-pohon dari kerusakan ini untuk mengingatkan kembali pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. 

Bak pemulung, anggota komunitas ini membawa karung plastik seraya berjalan kaki menyusuri sejumlah ruas jalan Kota Jombang, mulai dari jalan Wahid Hasyim, jalan Dokter Sutomo hingga jalan Jaksa Agung Suprapto. Setiap batang pohon dicermati, jika ditemukan sejumlah paku yang masih tertancap mereka cabut. Ribuan paku berhasil dicabut dari batang pohon dalam aksi simpati aktivis ini.  

Salah satu aktivis Komunitas Rumah Hijau mengatakan, aksi yang dilakukan untuk memingatkan masyarakat betapa pentingnya fungsi pohon sebagai penyerap CO2 maupun gas beracun lainnya di udara. Selain itu keberadaan pohon mampu menghasilkan Oksigen atau O2, yang merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk di bumi. Sehingga sudah sepatutnya manusia ikut menjaga kelestariannya, bukan malah merusak dengan menancapkan paku-paku yang justru dapat membuat pohon-pohon rusak  lalu kering dan mati.

Komunitas in pun berharap peraturan agar pemerintah daerah setempat juga membuat peraturan yang tegas dengan memberi sanksi terhadap mereka yang dengan sengaja merusak dan menancapkan paku di pohon-pohon di jalanan kota Jombang.(rg)

Labels: lingkungan hidup

Thanks for reading Peringati Hari Pohon Sedunia, Komunitas Rumah Hijau Jombang Gelar Aksi Razia Paku. Please share...!

0 Comment for "Peringati Hari Pohon Sedunia, Komunitas Rumah Hijau Jombang Gelar Aksi Razia Paku"

Weather, 17 October
Surabaya Weather booked.net
+29

High: +30° Low: +27°

Humidity: 100%

Wind: S - 6 KPH

Jakarta Weather
+32

High: +32° Low: +28°

Humidity: 95%

Wind: E - 3 KPH

Mojokerto Weather
+28

High: +28° Low: +27°

Humidity: 66%

Wind: E - 12 KPH

Denpasar (Bali) Weather
+30

High: +31° Low: +23°

Humidity: 90%

Wind: S - 4 KPH

Yogyakarta Weather
+26

High: +26° Low: +23°

Humidity: 92%

Wind: S - 9 KPH

Back To Top