copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Walikota Mojokerto : Budaya Baca Tingkatkan Nilai SDM


Mojokerto-(satujurnal.com)
Budaya baca di masyarakat harus terus digalakkan agar meluas dan mengakar menjadi sebuah budaya baru yang dapat meningkatkan nilai sumber daya manusia (SDM). Maka perlu diperjuangkan bersama agar terwujud budaya baca. 

Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mengutarakan hal itu saat membuka acara ulang tahun ke-1 Taman Baca Mojokerto Membaca di Depan Kantor Pemkot Mojokerto, Minggu (15/11/2015). 

“Budaya membaca diawali dari tumbuhnya minat baca, kemudian menjadi gemar dan cinta membaca, akhirnya memelihara dan mengembangkan minat baca itu menjadi suatu yang bermanfaat,” ujarnya. 

Menurutnya, peran serta orang tua sangat dibutuhkan untuk menumbuhkan minat baca anak-anak. Dibutuhkan teladan orang tua untuk suka membaca agar anak meniru kebiasaan gemar membaca.

Terlebih di Kota Mojokerto. Menurut survei dari kelompok kerja (pokja) Program Kota Mojokerto Belingkungan Pendidikan (PKMBP), hanya 27 persen keluarga di Kota Mojokerto yang punya minat pada baca. Minat baca masyarakat (Kota Mojokerto), katanya, masih tergolong rendah.

“Survei tersebut diukur dari sejauh mana mereka memiliki perpustakaan keluarga dan langganan koran serta majalah. Padahal kunci kemajuan sebuah bangsa itu adalah sejauh mana tingginya budaya baca,” tutur Walikota Mas’ud Yunus.

Budaya baca, katanya lebih jauh, merupakan jendela dari ilmu pengetahuan. Dan ilmu pengetahuan itulah yang bisa merubah pola pikir manusia. Dari keterbelakangan menjadi kemajuan, dari ketidakberdayaan menjadi berdaya. 

“Bahkan dalam agama Islam, sebelum ada perintah sholat puasa dan zakat, perintah yang pertama kali turun di muka bumi ini adalah membaca,” ingatnya. 

Pemerintah Kota Mojokerto mempunyai visi untuk lima tahun kedepan yaitu memuwujudkan Kota Mojokerto sebagai Service City yang maju, sehat, cerdas, sejahtera dan bermoral. Maka untuk mewujudkan Kota Mojokerto cerdas salah satu upaya yang dilakukan adalah bagaimana meningkatkan minat baca bagi warga Kota Mojokerto khususnya.

Di Kota Mojokerto sendiri, terdapat perpustakaan umum di Jalan Surodinawan dan telah memiliki perpustakaan mobil keliling. Perpustakaan mobil keliling ini setiap harinya berpindah tempat di tempat keramaian di Kota Mojokerto. Setiap kelurahanpun telah memiliki perpustakaan kelurahan.

Bahkan tahun depan direncarakan akan ditambah lagi fasilitas mobil perpustakaan keliling. Juga terdapat beberapa titik sudut baca yang dibangun Pemkot Mojokerto melalui Kantor Perpustakaan dan Arsip Kota Mojokerto. Seperti di beberapa taman di Kota Mojokerto juga akan disediakan fasilitas ini.

Untuk itu disetiap kesempatan Walikota selalu memberikan atensinya pada masyarakat yang memiliki kepedulian pada gerakan gemar membaca. Walikota yang juga penulis buku inipun selalu memberikan perhatian pada anak-anak yang berprestasi karena suka membaca.

Walikota pun berharap Taman Baca yang tumbuh dari masyarakat juga harus terus dikembangkan. Hal ini untuk menunjang minat dan budaya baca di Kota Mojokerto. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi pada Taman Baca Mojokerto Membaca ini. Karena ini atas inisiatif dan peran serta masyarakat, semoga dapat terus mendukung pendidikan dan kemajuan Kota Mojokerto,” harap Walikota. (one)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemkot mojokerto, pendidikan

Terima Kasih Telah Membaca Walikota Mojokerto : Budaya Baca Tingkatkan Nilai SDM. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Walikota Mojokerto : Budaya Baca Tingkatkan Nilai SDM"

Back To Top