copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Gamelan Jawa Iringi Misa Natal GKJW Mojowarno



Jombang-(satujurnal.com)
Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) Mojowarno Jombang menggelar misa Natal, Kamis (25/12/2015) pagi dengan suasana agak berbeda. 

Lantunan lagu-lagu rohani yang disajikan di gereja tertua di Jombang dan Jawa Timur ini tidak diiringi alat musik modern seperti lazimnya, namun dengan tetabuhan gamelan serta tembang-tembang rohani berbahasa Jawa.  

Suasana Natal pun terasa seperti tempo dulu tatkala gereja ini dibangun tahun 1843 silam. 

Para ibu-ibu jemaat GKJW Mojowarno melantunkan puji-pujian dengan iringan musik gamelan khas tempo dulu, suasana Natal pun terasa seperti kembali ke masa silam, tatkala gereja ini berdiri di tahun 1843. 

Selain untuk menghibur para jemaat, di luar dan dalam gereja, helatan tetabuhan gamelan ini bertujuan agar tradisi gamelan tak punah tergerus zaman, sekaligus agar generasi muda GKJW bisa memahami makna tradisi yang kini sudah mulai jarang dimainkan.

Perayaan Natal dengan tema ‘Hidup Bersama Keluarga Allah’ di GKJW Mojowarno dengan nuansa Jawa ini sekaligus untuk uri-uri kebudayaan tempo dulu yang sudah mulai tergerus jaman.

“Jemaat GKJW Mojowarno memaknai Natal tahun ini dengan semakin meningkatnya rasa persaudaraan sesama agama dan yang berbeda keyakinan, sehingga makin meningkatkan rasa iman pada Tuhan Yesus Kristus,” kata Pendeta Wimbo.

Menurutnya, perayaan natal tahun ini sebagai refleksi jiwa kasih Yesus kepada umat, terutama kepada lingkup terkecil di keluarga masing-masing. “Dengan tema hidup bersama Allah, diharapkan nilai-nilai iman kebaikan antar sesama dan berbangsa semakin meningkat,” katanya. (rg)

uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: religia

Terima Kasih Telah Membaca Gamelan Jawa Iringi Misa Natal GKJW Mojowarno. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Gamelan Jawa Iringi Misa Natal GKJW Mojowarno"

Back To Top