copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Gus Ipul Dorong Koperasi Tembus Pasar Ekspor


Mojokerto-(satujurnal.com)
Wakil Gubenur Jawa Timur, Saifullah Yusuf mendorong koperasi di Jawa Timur agar lebih banyak lagi menembus pasar ekspor. Pasalnya dari ribuan koperasi aktif yang tersebar di seluruh Jawa Timur, masih sedikit yang sudah ekspor produk.

"Jumlah koperasi di Jawa Timur cukup banyak, sekitar 32 ribu koperasi dan yang aktif sekitar 27 ribu,  namun yang sudah ekspor produknya ke luar tinggi jumlahnya masih kecil," ujar Syaifullah Yusuf usai membuka Sosialisasi Pembinaan Keuangan Mikro Koperasi dalam Rangka Mendukung Program Inklusi Keuangan di Pendopo Graha Maja Tama, Pemkab Mojokerto, Kamis (17/12/2015).

Menurut Gus Ipul, sapaan populer Syaifullah Yusuf, pelaku koperasi harus dipacu agar bisa ekspor. 

"Banyak produk yang dikembangkan di lokal perlu sertifikasi sehingga dibutuhkan rogram peningkatan kapasitas. Artinya tidak hanya SDM (sumber daya manusia)-nya,  tapi juga produknya," lontarnya. 

Peningkatan SDM dan kualitas produk, ujar Gus Ipul, menjadi konsep Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jatim saat ini. 

Selain itu, lanjut Gus Ipul, pihaknya juga memperkuat koperasi wanita (kopwan) karena menurutnya pemberdayaan ekonomi wanita mempunyai dampak terhadap keluarga secara langsung.

"Ini yang menjadi konsep dan anggarannya cukup besar untuk ini. Tahun 2016, setiap kopwan akan diberikan bantuan anggaran sebesar Rp 25 juta. Kesuksesan Jatim, 50 persen tergantung pada UMKM. Oleh karena itu, mari sama-sama kita berusaha menyukseskan UMKM untuk meningkatkan kemakmuran warga Jatim," katanya.

Bagi pengurus kopwan, lanjut dia, agar mengikuti sertifikasi pengurus koperasi agar menjadi pengurus koperasi yang profesional. 

Dalam acara tersebut, juga dihadiri Pj Bupati Mojokerto, Moch Ardi Prasetiawan, Kasdim 0815 Mojokerto, Mayor Inf Bambang, Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jatim, I Made, Dirut Bank Jatim, R Suroso, Dirut Bank UMKM, Subawi, Sekdakab Mojokerto, Heri Suwito, Kepala SKPD Kabupaten Mojokerto serta Kadis Koperasi Kabupaten/Kota dan pengurus Kopwan se-Jatim sebagai peserta Sosialisasi.

Usai membuka acara, undangan VIP  meninjau display produk UMKM dan produk kopwan yang dipamerkan di halaman Pemkab Mojokerto. (one)

Labels: industri

Terima Kasih Telah Membaca Gus Ipul Dorong Koperasi Tembus Pasar Ekspor. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Gus Ipul Dorong Koperasi Tembus Pasar Ekspor"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top