copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Wayang Potehi Karakter Sinterklas Bakal Meriahkan Natal di GKI Jombang


Jombang-(satujurnal.com)
Perayaan Natal di Jombang tidak saja dilakukan umat Kristiani. Umat Tri Dharma di Jombang yang tergabung dalam Yayasan Wayang Potehi, Klenteng Hong San Kiong, Gudo, Jombang pun bersukacita memeriahkan perayaan Natal. 

Yayasan ini secara khusus membuat karakter wajah wayang potehi, seperti tokoh Kaisar Agustinus hingga Sinterklas. Nantinya, yayasan ini akan mementaskan wayang Potehi tentang kelahiran Yesus saat malam Natal di Gereja Kristen Indonesia (GKI) Jombang.

Beberapa hari belakangan, perajin wayang Potehi klenteng Gudo Jombang sudah membuat beberapa wayang karakter khas wayang potehi dengan tokoh umat Kristiani. Perajin menyebut, pembuatan wayang karakter dengan tokoh umat Kristiani merupakan yang pertama kali. Meski demikian, hasil pahatan kayu perajin wayang Potehi tampak apik, seperti karakter tokoh Kaisar Agustinus dan Sinterklas.

Pihak yayasan mengaku, sengaja membuat sejumlah tokoh pewayangan umat Kristiani untuk dipentaskan dalam perayaan malam natal di GKI untuk lebih mengenalkan dan melestarikan wayang Potehi. 

Karena seni boneka atau wayang Potehi tidak hanya milik umat Tri Dharma melainkan milik semua masyarakat berbagai golongan maupun aliran kepercayaan, dan tentu saja kedepannya wayang potehi ini bisa dikenal luas oleh masyarakat. 

Pementasan kesenian wayang Potehi dalam perayaan Natal mendatang bukan hanya sekedar pertunjukan memperkenalkan kesenian dan kebudayaan, melainkan bentuk nyata dari kerukunan antar umat beragama, meskipun agama dan keyakinan mereka berbeda.(rg)

.


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: seni dan budaya

Terima Kasih Telah Membaca Wayang Potehi Karakter Sinterklas Bakal Meriahkan Natal di GKI Jombang. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Wayang Potehi Karakter Sinterklas Bakal Meriahkan Natal di GKI Jombang"

Back To Top