GRATIS langganan via e-mail

Hari Sejuta Pohon, Pemuda dan Pelajar di Jombang Gelar Aksi Cabut Paku dan Tanam Pohon


Jombang-(satujurnal.com)
Memperingati Hari Sejuta Pohon yang jatuh pada hari ini, 10 Januari, puluhan warga, pemuda dan pelajar di kabupaten Jombang mengkampanyekan gerakan menanam dan menyelamatkan pohon.

Kampanye diwarnai dengan aksi tanam pohon dan cabut poster-poster yang dipaku dipohon-pohon sepanjang jalan raya desa Cukir, kecamatan Diwek, kabupaten Jombang. 
 
Dengan membawa peralatan seadanya, puluhan warga bersama pemuda dan pelajar pecinta lingkungan ini menggelar razia terhadap poster-poster yang dipasang di jalan raya menuju makam Gus Dur. 

Mereka menyayangkan cara-cara penancapan poster di pohon dengan cara dipaku. 

Tindakan seperti ini menurut mereka dapat merusak pohon-pohon di tepi jalan raya dan melanggar undang-undang lingkungan hidup. 

Padahal pepohonan ini sudah memberi sumbangsih yang besar terhadap kita, diantaranya dengan menyerap karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang dibutuhkan manusia. 

Jika ditancapi paku-paku seperti ini pohon-pohon tersebut bisa keropos dan mati.
 
Tak hanya sekedar mencabuti paku di pohon saja para pemuda dan pelajar tersebut juga menanam ratusan bibit pohon di sepanjang jalan desa Cukir yang selama ini masih sangat gersang dan panas.
 
Dengan aksi  ini mereka berharap jalan raya desa Cukir yang merupakan jalur utama menuju obyek wisata religi makam Gus Dur bisa menjadi hijau sejuk dan nyaman.
 
Menanam pohon di sepanjang jalan ternyata tidak hanya dapat mengurangi global warning atau panas bumi tetapi juga dapat mengurangi angka kecelakaan dan memperpanjang usia aspal jalan.
 
Dengan gerakan mencabuti paku dan menanam pohon ini para pemuda dan pelajar berharap masyarakat menjadi sadar untuk tidak merusak tetapi giat menanam pohon.(rg)

Labels: lingkungan hidup

Thanks for reading Hari Sejuta Pohon, Pemuda dan Pelajar di Jombang Gelar Aksi Cabut Paku dan Tanam Pohon. Please share...!

0 Comment for "Hari Sejuta Pohon, Pemuda dan Pelajar di Jombang Gelar Aksi Cabut Paku dan Tanam Pohon"

Weather, 17 October
Surabaya Weather booked.net
+29

High: +30° Low: +27°

Humidity: 100%

Wind: S - 6 KPH

Jakarta Weather
+32

High: +32° Low: +28°

Humidity: 95%

Wind: E - 3 KPH

Mojokerto Weather
+28

High: +28° Low: +27°

Humidity: 66%

Wind: E - 12 KPH

Denpasar (Bali) Weather
+30

High: +31° Low: +23°

Humidity: 90%

Wind: S - 4 KPH

Yogyakarta Weather
+26

High: +26° Low: +23°

Humidity: 92%

Wind: S - 9 KPH

Back To Top