copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Jenang Durian, Penganan Khas Wonosalam

Jombang-(satujurnal.com)
Menikmati buah durian atau minum jus durian bukan hal yang asing. Namun apa jadinya jika buah berduri dijadikan makanan seperti jenang durian. Cita rasa beda akan ditemui di penganan hasil sentuhan Sulami, pedagang durian di Wonosalam, Jombang itu.

Yang menarik, jenang durian khas Wonosalam buatan Sulami tidak saja berasa legit, namun juga bisa awat hingga sepekan.

Sulami , perempuan berusia 50 tahun warga Desa Sumber, Kecamatan Wonosalam ini tidak butuh waktu lama untuk menjadikan buah durian menjadi jenang durian. Tidak lebih dari satu jam, jenang durian khas Wonosalam buatan Sulami ini bisa dinikmati. Sulami mengaku, jenang durian buatannya asli tanpa dicampur bahan pengawet.

Bagi anda penggemar buah durian anda perlu mencicipi panganan yang satu ini. Jenang durian, ya sesuai dengan namanya jenang durian memang merupakan olahan kue khas masyarakat Jawa yang bernama jenang.

Namun yang menggunakan bahan dasar buah durian, mungkin pembuatnya hanya Sulami.
Ujar Sulami, untuk membuat jenang durian tidak terlalu sulit. Bahan yang digunakan hampir sama dengan bahan membuat dodol. Hanya saja, bahan utama yang dipakai kali ini adalah buah durian yang telah dipisahkan dari bijinya, selain itu ada juga bahan-bahan pendukung lainnya yakni tepung santan dan gula.

rasanya yang khas tersebut membuat konsumen selalu ketagihan meski baru pertama kali mencoba. Jenang durian ini sangat cocok di lidah dan tentu saja cocok pula dijadikan oleh oleh.

Sambil menunggu jenang durian matang, Sulami melayani pembeli buah durian di lapak miliknya.

Menurutnya, jenang durian ini terinspirasi dari panen raya. Stok buah durian di lereng gunung Anjasmoro kecamatan Wonosalam yang melimpah. Agar wisatawan yang berkunjung ke sentra buah durian ini tidak bosan, Sulami kemudian mencoba membuat jenang berbahan durian untuk oleh-oleh wisatawan yang datang hanya dibutuhkan waktu satu jam saja.

Setelah jenang matang selanjutnya dikemas dan siap dipasarkan. Selain itu jenang durian ini juga siap disuguhkan kepada wisatawan yang datang. Harga jenang durian juga cukup terjangkau hanya Rp 15 ribu perbungkus. (rg)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang

0 Comment for "Jenang Durian, Penganan Khas Wonosalam"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top