GRATIS langganan via e-mail

Walikota Mojokerto Canangkan Kelorisasi


Mojokerto-(satujurnal.com)
Kelorisasi, gerakan menanam pohon kelor dicanangkan Walikota Mojokerto Mas’ud Yunus , di Lingkungan Pulorejo, Kelurahan Pulorejo, Kecamatan Prajurit Kulon, dalam rangkaian acara PSN terintegrasi, Jum'at (5/2/2016).

Sebanyak 2.500 bibit pohon berdaun kecil berjuluk miracle tree ini ditanam serentak oleh TP PKK dan ratusan pelajar level SD hingga SMA ditanam hampir merata di seluruh wilayah Kelurahan Pulorejo. 

Ini merupakan terobosan Walikota Mas’ud Yunus dalam rangka penghijauan dan peningkatan gizi di Kota Mojokerto.

"Olahan daun kelor dapat digunakan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan status gizi terutama dari balita dan lansia karena komposisi kandungan yang cukup baik," kata Mas'ud Yunus. 

"Gerakan keLorisasi diawali dari kelurahab Pulorejo dan diikuti kelurahan lainnya di Kota Mojokerto," cetusnya.

Menurutnya, kandungan vitamin dan kalori pohon kelor sangat tinggi dibanding beberapa jenis buah-buahan, seperti jeruk, wortel fan lainnya. 

Di Filipina, kelor dijuluki sebagai pohon mukjizat. Di negara-negara Afrika, daun kelor dijadikan obat untuk warga yang kurang gizi. 

“Kalau kita mengkonsumsi 100 gram kelor, itu kandungan vitamin C nya sama dengan makan 7 buah jeruk. Kandungan vitamin A nya sama dengan makan 4 wortel. Proteinnya sama dengan makan 3 telur. Ini sangat luar biasa,” jelasnya.

Walikota juga menceritakan bahwa pada saat pemantauan PSN Terintegrasi tahun lalu, ia menjumpai anak kurang gizi. Lalu Walikota menganjurkan untuk diasupi kelor. Selama satu bulan bobot dan gizinya terus meningkat bagus.

“Ketika di Jakarta saya presentasi di depan Kementerian Kesehatan tentang peningkatan gizi, saya menjelaskan tentang manfaat daun kelor. Responnya sangat Bagus. Bahkan Pak Ahok Gubernur DKI Jakarta akan membuat salah satu pulau di Kepulauan Seribu menjadi pulau kelor,” tuturnya.

Organisasi kesehatan dunia WHO menganjurkan bagi anak-anak dan bayi yang masih didalam masa pertumbuhan untuk mengkonsumsi ini karena manfaat daun kelor sangat baik. (one)

Labels: pemkot mojokerto

Thanks for reading Walikota Mojokerto Canangkan Kelorisasi. Please share...!

0 Comment for "Walikota Mojokerto Canangkan Kelorisasi"

Weather, 17 October
Surabaya Weather booked.net
+29

High: +30° Low: +27°

Humidity: 100%

Wind: S - 6 KPH

Jakarta Weather
+32

High: +32° Low: +28°

Humidity: 95%

Wind: E - 3 KPH

Mojokerto Weather
+28

High: +28° Low: +27°

Humidity: 66%

Wind: E - 12 KPH

Denpasar (Bali) Weather
+30

High: +31° Low: +23°

Humidity: 90%

Wind: S - 4 KPH

Yogyakarta Weather
+26

High: +26° Low: +23°

Humidity: 92%

Wind: S - 9 KPH

Back To Top