Headlines :
Home » » Adu Rasa di Kontes Durian Asli Wonosalam

Adu Rasa di Kontes Durian Asli Wonosalam

Written By Satu Jurnal on Minggu, 27 Maret 2016 | 00.20

Jombang-(satujurnal.com)
Kontes durian berbagai varian yang hasil petani durian Wonosalam, Kabupaten Jombang kembali digelar. Terdapat 17 buah durian super di ajang adu durian dari bobot, aroma, tekstur daging buah, ketebalan daging dan kulit, kandungan air, warna, hingga rasanya, yang digelar Sabtu (26/3/2016).

Wartomo, ketua panitia kontes durian Wonosalam mengatakan, kontes durian merupakan bagian dari kenduri durian. “Selain wujud rasa syukur kepada Tuhan atas panen raya, kontes durian yang digelar setiap tahun merupakan upaya untuk lebih mendongkrak promosi wisata,” katanya.

Ribuan warga Wonosalam tumpah ruah menyaksikan kontes durian yang digelar di lapangan setempat tersebut. Tim juri dari Dinas Pertanian Propinsi Jawa Timur dan Kabupaten Jombang meneliti dan mencicipi satu persatu buah durian yang dikonteskan. Bobotnya ditimbang ketebalan dagingnya diukur dan rasanya dicicipi,durian yang paling berkualitas akan menjadi juara. Uang pembinaan jutaan rupiah disediakan panitia untuk buah durian yang peringat satu sampai tiga.


"Kontes durian ini rutin kita lakukan setiap tahun. Harapannya, bisa sebagai ajang promosi durian Wonosalam," tukas Wartomo. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved