Headlines :
Home » » Antisipasi Flu Burung, Walikota Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Pasar Burung Empunala

Antisipasi Flu Burung, Walikota Lakukan Penyemprotan Desinfektan di Pasar Burung Empunala

Written By Satu Jurnal on Kamis, 31 Maret 2016 | 10.32


Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto melakukan desinfektan di Pasar Burung, jalan Empunala, mengantisipasi virus flu burung, Kamis (31/3/2016).

Destan, bahan kimia desinfektan tersebut disemprotkan Walikota Mas’ud Yunus bersama Kepala Dinas Pertanian, Happy Prasetyawan di kandang sejumlah burung hias. 

"Ini (penyemprotan desinfektan) untuk mengantisipasi penyebaran virus flu burung (H5N1), meskipun hingga kini belum ada indikasi flu burung di Kota Mojokerto," kata Mas'ud Yunus. 

Apalagi, lanjutnya, wabah flu burung yang sudah merebak di beberapa daerah di Jawa Timur, seperti Banyuwangi, Madiun dan beberapa daerah lainnya. 

Ia juga meminta pedagang burung untuk selalu menjaga kebersihan sangkar burung mereka. Pun rumah tangga pemilik unggas dan burung diminta melakukan hal serupa. 

Selain di pasar burung, desinfentan untuk mencegah flu burung menurut walikota secara rutin disemprotkan di Pasar Unggas Cakarayam. 

Ia menekankan agar masyarakat 
tidak perlu was-was dengan isu flu burung. Karena begitu ada informasi dugaan burung atau hewan unggas mati akibat flu burung, Dinas Pertanian langsung membatasi lalu lintas burung dan unggas untuk mencegah penyebaran virus. 

"Bila perlu akan kita dirikan pos terpadu dari unsur instansi dan kepolisian," imbuhnya. 

Happy Prasetyawan menyatakan pihaknya terus melakukan monitoring di pasar unggas dan pasar burung sekaligus melakukan penyemprotan desinfektan secara rutin. "Untuk pasar unggas Cakarayam sudah dilakukan penyemprotan berkala sejak awal Pebruari lalu," katanya. 

Happy menyebut instansinya memiliki stok disinfektan yang cukup untuk mencegah terjadinya wabah flu burung. Dia meminta masyarakat segera melaporkan jika menemui hewan ternaknya mengalami kematian yang tidak wajar.

"Pemilik hewan unggas atau burung yang mati agar segera melapor sehingga kami bisa melakukan tindakan pencegahan. Seperti penyemprotan desinfektan yang hari ini kami lakukan, " tutup Happy. (one)

 


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved