copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Kasus Tambang Ilegal, Polisi Jombang Tahan Kasun Pucanganom

Kasatreskrim Polres Jombang - AKP Wahyu Hidayat
Jombang-(satujurnal.com)
Kepolisian Jombang,,akhirnya menetapkan mantan Kepala Dusun Pucanganom, Desa Pucangsimo, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang, Hari Setyo Widodo sebagai tersangka dalam kasus tambang galian C ilegal yang dilakukannya di desa setempat. Hari dijebloskan kedalam sel tahanan Polres setempat, pada minggu (13/03/2016) kemarin.

Kepala Satuan Reserse Kriminal, AKP Wahyu Hidayat, mengatakan, Kasus tersebut mulai didalami  pasca kejadian warga sekitar yang berunjuk rasa menolak dan menyegel satu alat berat (bekchoe) yang digunakan tersangka untuk melakukan aktivitas pertambangan.

Dalam pemeriksaan, Hari sempat berbelit dan terkesan mengulur-ulur waktu saat dimintai keterangan oleh anggota Satuan Reserse Kriminal Polres Jombang. Dia beralasan, sudah menyerahkan dan menunjuk kuasa hukum untuk mendampingi terkait kasus yang menjeratnya ke sel tahanan itu.

“Pada hari Sabtu kemarin kita lakukan penangkapan yang bersangkutan sekitar jam 12.00 WIB siang dikediamannya kemudian kita bawa ke Polres. Kita sempat lakukan pemeriksaan awal namun yang bersangkutan menolak untuk dilakukan pemeriksaan karena yang bersangkutan menunjuk penasehat hukumnya sendiri”, kata Wahyu Hidayat, Senin (14/03/16).

Setelah melakukan pengembangan dengan memeriksa sejumlah saksi, termasuk sejumlah saksi ahli dari Dinas terkait, akhirnya Hari ditetapkan sebagai tersangka. Polisi juga mengamankan sebuah alat berat yang digunakan Hari untuk melakukan aktivitas tambang tersebut. 

“Keterangan-keterangan saksi, keterangan ahli sudah kita lakukan pemeriksaan. Keterangan ahli kita lakukan pemeriksaan dari ESDM Provinsi, Dinas Perizinan Provinsi sampai BLH Kabupaten Jombang kita lakukan pemeriksaan, semuanya, sampai masyarakat setempat, perangkat Desa setempat, sampai Dinas Pengairan Kabupaten Kediri kita lakukan pemeriksaan juga”, imbuh Wahyu.

Wahyu Hidayat menjelaskan, Hari terbukti menyalahgunakan wewenangnya sebagai Kepala Dusun dan melakukan kegiatan jual beli terhadap hasil penambangan tersebut. Dia dijerat dengan Undang-Undang minerba tentang melakukan kegiatan pertambangan tanpa dilengkapi dengan surat izin resmi. Dia terancam hukuman 5 tahun penjara.

Sebelumnya, Ratusan warga Dusun Pucanganom Desa Pucangsimo Kecamatan Bandar Kedungmulyo, sekitar lima bulan lalu beramai-ramai menyita satu unit alat berat jenis excavator atau bachoe yang diduga nekat beroperasi melakukan aktivitas tambang galian C ilegal di Desa setempat.  alat berat itu diduga milik Hari Setyo Widodo, yang  saat itu masih menjabat sebagai Kepala Dusun Pucanganom. Bahkan karena geram, Warga yang menolak adanya praktik tambang ilegal di Desanya itu sempat merusak alat berat tersebut. kasus tersebut kemudian didalami oleh Pihak Kepolisian.(rg)


uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: hukum dan kriminal

Terima Kasih Telah Membaca Kasus Tambang Ilegal, Polisi Jombang Tahan Kasun Pucanganom. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Kasus Tambang Ilegal, Polisi Jombang Tahan Kasun Pucanganom"

Weather, 21 October
Mojokerto Weather http://www.booked.net/
+34

High: +34° Low: +24°

Humidity: 61%

Wind: S - 1 KPH

Surabaya Weather
+33

High: +33° Low: +25°

Humidity: 75%

Wind: NNE - 6 KPH

Jakarta Weather
+34

High: +34° Low: +29°

Humidity: 85%

Wind: - 10 KPH

Back To Top