Lihat Gerhana Matahari, Warga Dukuhklopo Manfaatkan Film Bekas Kamera Foto - SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional

Lihat Gerhana Matahari, Warga Dukuhklopo Manfaatkan Film Bekas Kamera Foto

Jombang-(satujurnal.com)
Warga Desa Dukuhklopo, Kecamatan Peterongan, Kabupaten Jombang, antusias melihat peristiwa gerhana matahari meski tidak penuh, Rabu (9/3/2016). Mereka menggunakan alat sederhana berupa film bekas kamera foto.

Sejak pukul 6:00 WIB warga desa sudah berkumpul di bebarapa tempat. Secara bergantian mereka melihat peristiwa gerhana matahari. Meski dengan alat sederhana, namun mereka tampak menikmati peristiwa alamiah tersebut.

Saat sinar matahari yang masih terang, warga agak kesulitan melihat gerhana, namun saat awan lewat, matahari tertutup bulan, dengan alat sederhana peristiwa langka itu mulai kelihatan.

Setelah melihat gerhana matahari, warga langsung menuju masjid setempat untuk melaksanakan sholat gerhana.


KH Nasura Anwar, ulama setempat mengatakan, warga menjalankan sholat gerhana matahari agar dalam kehidupan di dunia terhindar dari malapetaka. Shalat ini juga bagian dari upaya menyadarkan umat islam agar tidak mempercayai tahayul.(rg)

Artikel terkait lainnya

Baca juga artikel ini

Copyright © SatuJurnal.com | Portal Berita Mojokerto, Jombang, Surabaya, Jawa Timur dan Nasional