copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Ngembak Geni, Prosesi Umat Hindu Akhiri Brata Penyepian

Jombang(satujurnal.com)
Usai Brata Penyepian selama 24 jam, umat Hindu di Jombang menggelar upacara Ngembak Geni, Yakni upacara mengakhiri Brata penyepian dan menyambut Tahun Baru Saka 1938 diakhiri dengan Darmasanti, diawali dengan sembahyang serta memanjatkan puji-pujian kepada Tuhan Sang Pencipta. Seelain itu juga disampaikan pemangku pura. Mereka juga berjabat tangan saling memaafkan antara satu dengan lainnya.

Seperti prosesi yang dilakukan umat Hindu Di Dusun Ngepeh Desa Rejoagung Kecamatan Ngoro, Jombang. Mereka ini tengah berebut untuk mendapatkan berkah sejumlah makanan yang dipergunakan sebagai sesaji. Bahkan umat Hindu juga langsung menyantap makanan yang ada secara bersama-sama.

Berebut makanan serta menyantap makanan ini menandai Brata penyepian telah berakhir, yang berarti umat Hindu sudah diperbolehkan makan dan minum, menyalakan api dan bunyi-bunyian serta bepergian. Sebab selama Brata penyepian berlangsung tidak boleh ada api menyala, tidak boleh ada suara bunyi-bunyian serta tidak boleh bepergian selama 24 jam.

Dengan berakhirnya brata penyepian umat hindu kini memasuki tahun baru saka 1938, dalam menyambut  tahun baru saka ini ditandai dengan upacara ngembak geni, diawali dengan sembahyang serta memanjatkan puji-pujian kepada tuhan sang pencipta. selain itu juga disampaikan pemangku pura.


Untuk meminta maaf serta do’a restu dan ucapan selamat tahun baru Saka, Darma Santi akan dilanjutkan dengan saling mengunjungi keluarga umat Hindu di rumah masing-masing.(rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: religia

Terima Kasih Telah Membaca Ngembak Geni, Prosesi Umat Hindu Akhiri Brata Penyepian. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Ngembak Geni, Prosesi Umat Hindu Akhiri Brata Penyepian"

Back To Top