Headlines :
Home » » Pasca Keracunan Massal, BPOM Periksa Jajanan Sekolah

Pasca Keracunan Massal, BPOM Periksa Jajanan Sekolah

Written By Satu Jurnal on Rabu, 23 Maret 2016 | 18.29

Jombang-(satujurnal.com)
Pasca insiden keracunan massal yang menimpa puluhan sisw di Jombang, Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) melakukan pemeriksaan, Rabu (23/3/2016)

Sasaran pemeriksaan yakni jajanan anak sekolah di sejumlah kantin. Petugas BPOM mengambil sejumlah sampel makanan untuk di tes kandungan makanannya.

Petugas langsung menyisir di sejumlah sekolah. Salah satunya di  kantin di SMP A Wahid Hasyim Tebuireng Jombang. Petugas mengambil sejumlah sampel makanan yang dicurigai mengandung tiga zat berbahaya.

Tiga zat berbahaya yang diperiksa yakni borak, formalin dan pewarna pakaian, setiap makanan yang dicurigai langsung diambil sampelnya untuk di lakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan ini dilakukan di depan sejumlah siswa, selain untuk mencegah beredarnya makanan berbahaya juga untuk memberikan pendidikan jajanan sehat pada siswa.

“Pemeriksaan makanan atau jajanan untuk memastikan kandungan makanan yang beredar di lingkungan sekolah,” kata Denik Prasetiawati salah satu petugas BPOM

Makanan yang mengandung zat berbahaya, menurutnya, menjadi ancaman pada siswa, termasuk ancaman keracunan.


Dari hasil pemeriksaan di sejumlah lembaga sekolah tersebut dipastikan tidak ada kandungan yang berbahaya.  Meski demikian Denik mengatakan  pemeriksaan jajanan dan makanan, utamanya di lingkungan sekolah akan  terus dilakukan secara berkala untuk mengantisipasi peredaran makanan berbahaya, sekaligus  memberikan edukasi pada siswa untuk memilih makanan dan jajanan sehat.(rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved