Headlines :
Home » » Tunggu Kepastian Hukum, Multi Bintang Tunda Investasi Rp 625 M

Tunggu Kepastian Hukum, Multi Bintang Tunda Investasi Rp 625 M

Written By Satu Jurnal on Kamis, 24 Maret 2016 | 21.48

(foto doc.istimewa)
Jakarta-(satujurnal.com)
Perusahaan bir, PT Multi Bintang Indonesia Tbk (Multi Bintang) memilih menunda rencana investasi perluasan pabrik bir sekitar Rp 635 miliar.

Ini lantaran perusahaan yang pertama kali didirikan oleh Nederlandsch-Indische Bierbrouwerijen di Medan dan mengoperasikan pabriknya di Surabaya tahun 1931 itu pemasarannya masih lesuh seiring dengan implementasi Peraturan Menteri Perdagangan No. 06/2015 yang melarang minimarket dan pengecer lainnya menjual atau mendistribusikan minuman mengandung alkohol.

Perusahaan yang kini berusia 85 tahun ini menunda hingga ada kepastian dari kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan pemerintah tersebut.

Penundaan investasi ratusan miliar rupiah itu ditegaskan bersamaan dengan pengumuman laporan keuangan yang berakhir pada 31 Desember 2015, seperti press release yang diterima SatuJurnal.com, Kamis (24/3/2016).

Pendapatan perusahaan menduduki peringkat 15 di Top 100 Indonesia Best Public Companies 2014 oleh Majalah SWA, periode 2015 menurun 10% dibandingkan periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 2.696 miliar.

“Hal ini terutama dipengaruhi oleh kondisi perekonomian yang menurun dan peraturan menteri yang melarang penjualan bir di minimarket. Hal ini sangat berdampak pada ketersediaan bir bagi banyak konsumen berusia legal konsumsi minuman beralkohol. Kami terus melakukan dialog dengan pemerintah untuk memberikan solusi yang lebih efektif dalam mengatasi kekhawatiran isu konsumsi di bawah umur,” tulis manajemen.

Sedang laba bersih, setelah dikurangi dampak dari biaya tertentu yang tidak terjadi setiap tahun menurun sebesar 37% dari Rp. 795 miliar menjadi Rp 497 miliar.

Kendati demikian, Multi Bintang meluncurkan serangkaian inovasi produk baru dengan memperbesar kategori minuman non-alkohol.   Akhir tahun 2015 Multi Bintang meluncurkan varian baru dari Bintang Radler, Grapefruit 2% ,setelah Bintang Radler Lemon 2%, yang diluncurkan tahun 2014.

“Kami juga meluncurkan Bintang Radler Lemon 0.0%, yaitu Bintang Radler non-alkohol di Februari 2016,” imbuh manajemen.


Multi Bintang juga baru saja meluncurkan Fayrouz, yakni minuman malt berkarbonasi dengan dua rasa buah, nanas dan pear. Selain itu, perusahaan berencana untuk meluncurkan rasa baru untuk merek Greensands di Kuartal 2. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved