copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Walikota Mojokerto Canangkan Pekan PIN di Klenteng Hok Sian Kiong

Mojokerto-(satujurnal.com)
Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mencanangkan pekan imunisasi nasional (PIN) polio di Klenteng Hok Sian Kiong, jalan Panglima Sudirman, Kota Mojokerto, Selasa (8/3/2016).

Sebanyak 316 pos PIN disiapkan untuk mensukseskan program nasional yang berlangsung selama sepekan hingga 15 Maret mendatang tersebut.

“Imuninasi polio ini merupakan upaya pencegahan yang terbukti sangat cost effective. Banyak kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh oleh penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi . Dengan harapan seluruh bayi dan balita di Indonesia khususnya di Kota Mojokerto akan terbebas dari kecacatan karena polio,” katanya.

Dikatakan, eradikasi polio secara global akan memberi keuntungan secara finansial. Biaya jangka pendek yang dikeluarkan untuk mencapai tujuan eradikasi tidak akan seberapa dibanding dengan keuntungan yang akan didapat dalam jangka panjang. “Tidak akan ada lagi anak-anak yang menjadi cacat karena polio, sehingga biaya yang diperlukan untuk rehabilitasi penderita polio dan biaya untuk imunisasi polio dapat dikurangi,” imbuhnya.

Mencegah, lanjutnya, lebih utama daripada menyembuhkan. Kaitannya dengan PIN Polio tahun ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah dengan kegiatan promotif dan preventif. “Karena ini merupakan kegiatan yang mulia untuk mempersiapkan generasi emas di masa yang akan datang, ayo sukseskan PIN polio,” cetusnya.

Soal tempat pencanangan di klenteng, ujar birokrat berlatarbelakang ulama itu menyebut jika hal itu merupakan wujud kebersamaan antara antara pemerintah, masyarakat Kota Mojokerto dan seluruh elemen yang ada untuk mendukung kegiatan PIN Polio.

“Betapa indahnya keguyuban ini sehingga semoga kita semua akan membuahkan suatu hasil yang bermanfaat, utamanya bagi masa depan anak-anak dan bangsa kita,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Mojokerto, Christiana Indah Wahyu mengatakan, sasaran PIN Polio kali ini sekitar 10.000 balita usia 0 bulan hingga 59 bulan. Sedangkan 316 pos PIN tesebar di posyandu, sekolah, puskesmas dan pustu, rumah sakit, tempat-tempat umum, gereja, pasar, swalayan, dan klenteng.

“Bayi dan balita umur 0 sampai 59 bulan semuanya bisa mendapatkan imunisasi secara gratis,” katanya.

Menurutnya, imunisasi polio di ratusan pos PIN itu digelar serentak mulai Selasa 8 Maret hari ini hingga Rabu 9 Maret besok melibatkan ratusan tenaga, dari tenaga kesehatan pemkot maupun swasta, institusi kesehatan, guru TK, kader motivator termasuk Saka Bhakti Husada yang kesemuanya telah mengikuti pelatihan pelaksanaan PIN Polio.


Sedangkan mulai 10 Maret hingga 15 Maret mendatang, petugas akan melakukan sweeping sasaran imunisasi. “Dari target sasaran kemudian ada yang masih belum tersentuh imunisasi, petugas akan melakukan sweeping door to door.  Bisa saja waktu pelaksanaan balita yang bersangkutan sedang sakit atau karena hal lain. Makanya kita tuntaskan meski harus sweeping,” tandasnya. (one)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pemkot mojokerto

Terima Kasih Telah Membaca Walikota Mojokerto Canangkan Pekan PIN di Klenteng Hok Sian Kiong. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Walikota Mojokerto Canangkan Pekan PIN di Klenteng Hok Sian Kiong"

Back To Top