Headlines :
Home » » Prihatin Kondisi Sungai, Komunitas Santri Jogo Kali Gelar Teraterikal di Pintu Air

Prihatin Kondisi Sungai, Komunitas Santri Jogo Kali Gelar Teraterikal di Pintu Air

Written By Satu Jurnal on Minggu, 10 April 2016 | 16.43

Jombang-(satujurnal.com)
Sejumlah aktivis lingkungan yang tergabung dalam Komunitas Santri Jogo Kali Jombang menggelar aksi teaterikal di pintu air sungai desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang, Minggu (10/4/2016).

Teaterikal yang digelar sebagai bentuk keprihatinan akibat rusaknya ekosistem sungai menampilkan sosok-sosok menyeramkan bak hantu yang mengenakan penutup badan berbahan sampah dari bekas kemasan makanan dan minuman.

Mereka menunjukkan betapa sampah akan menjadi ancaman yang menakutkan bagi kehidupan jika tak dikelola dengan benar.

Aksi mereka juga sebagai wujud protes keras terhadap kondisi sungai yang penuh dengan sampah. Selain menyebabkan  bau tidak sedap juga menjadi menjadi sumber penyakit dan bencana. Masyarakat diajak untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Alvin, salah satu anggota Komunitas Santri Jogo Kali mengatakan, selain menampilkan teaterikal hantu, komunitasnya juga mengajak masyarakat bersama-sama melestarikan lingkungan, terutama sungai.

“Musim hujan sudah hampir berakhir dan berganti musim kemarau yang berakibat surutnya aliran sungai. Agar tidak sampai terjadi penumpukan sampah di sungai, mari kita jaga sekaligus memulihkan kelestarian sungai,” katanya.

Selain membersihkan sungai, para aktivis lingkungan yang rata-rata masih berusia muda ini juga membagikan ikan secara gratis kepada masyarakat yang kebetulan melewati jalan raya. Tujuannya agar ekosistem  sungai yang rusak akibat sampah bisa pulih kembali dan menjadi sungai yang sehat.(rg)


Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved