copy dan paste berita, dengarkan disini!


 

GRATIS langganan via e-mail

Suwito, Jajakan Pentol Keliling Sebelum Jalani UN

Jombang-(satujurnal.com)
Usia tampaknya tidak membuat Suwito pria berusia 37 tahun ini berhenti untuk belajar. Ditengah kesibukannya menjajakan pentol keliling ke sejumlah sekolah, pria ini masih terbesit keinginannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Hanya saja, karena faktor ekonomi ia akhirnya menempuh ujian paket c untuk bisa memiliki ijazah.

Dengan membawa sepeda motor berwarna serba pink pria asal desa Sambirejo Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang ini berkeliling menjajakan dagangannya. Pentol usaha warisan orangtuanya inilah yang menjadi penopang kebutuhan ekonominya.

Ditengah kesibukannya pria jebolan smp ini menyempatkan diri untuk belajar termasuk mengikuti ujian nasional (UN). Buku yang berada di sela rombong pentolnya dia sempatkan untuk dibaca sebelum memasuki ruang ujian Di PKBM Ya Latif yang ada di desa Kedawong, kecamatan Diwek, Kabupaten Jombang.

Suwito mengaku tidak merasa malu untuk belajar meskipun usianya sudah melampaui masa belajar di tingkat sma. Dia memiliki keinginan untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Zainudin pemilik PKBM Ya Latif mengatakan, seluruh peserta UN paket di tempatnya rata-rata sudah berusia dewasa. Mereka  berasal dari beragam tingkat ekonomi.

Kasus putus sekolah juga beragam. Yang pasti, mereka sudah mendapatkan bimbingan belajar paket untuk bisa mengerjakan UN tahun ini.


Sekedar diketahui, pelaksanaan UN tidak hanya digelar untuk sekolah reguler namun sejumlah kelompok belajar juga mengikuti ujian paket. Ujian paket ini diperuntukkan warga yang putus sekolah ataupun tidak bisa mengikuti sekolah karena faktor usia.(rg)
uang gratismu ada disini, mulailah menambang cryptocurrency sekarang
Labels: pendidikan

Terima Kasih Telah Membaca Suwito, Jajakan Pentol Keliling Sebelum Jalani UN. Silahkan Berbagi...!

0 Comment for "Suwito, Jajakan Pentol Keliling Sebelum Jalani UN"

Back To Top