Headlines :
Home » » Puluhan Warga Lereng Gunung Anjasmoro Menderita Penyakit Gondok

Puluhan Warga Lereng Gunung Anjasmoro Menderita Penyakit Gondok

Written By Satu Jurnal on Rabu, 04 Mei 2016 | 19.27

Jombang-(satujurnal.com)
Puluhan warga di lereng gunung Anjasmoro Jombang ditemukan menderita sakit gondok. Penyakit yang disebabkan kurangnya asupan makanan beryodium tersebut ditemukan saat sejumlah anggota TNI menggelar pengobatan gratis keliling desa dalam acara TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD), Rabu (04/05/2016).

Puluhan warga yang ditemukan menderita sakit gondok ini berada di Desa Sumber Rejo Kecamatan Wonosalam Jombang yang terletak di kawasan lereng gunung Anjasmoro.

Dengan dibantu tim dari Dinas Kesehatan,  tim medis dari TNI menyisir seluruh rumah warga yang kedapatan menderita penyakit pembengkakan pangkal leher tersebut. Bahkan  dalam penyisiran ini pihak TNI menemukan lebih dari 20 warga di desa tersebut dalam keadaan sakit gondok.

Dandim 0814 Jombang Letkol Arh M.Fatkhurahman mengatakan, warga yang  menderita penyakit gondok tersebut seluruhnya tinggal dikawasan dataran tinggi. Rata-rata penyakit tersebut diderita para warga sejak mereka dalam usia remaja.

Selain melakukan penyisiran, T-N-I juga melakukan pendataan kepada seluruh warga yang menderita penyakit yang sama, Sedangkan untuk operasi gondok, TNI akan bekerjasama dengan Pemkab setempat untuk memberikan biaya pengobatan gratis.

Alasannya, selain wilayah tersebut kini ditetapkan menjadi endemis gondok, pengobatan gratis juga dilakukan dalam rangka membantu masyarakat dalam gelaran TMMD yang ke 96 tersebut. (rg)

Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved