Headlines :
Home » » Sulap Sampah Anorganik Jadi Aneka Kerajinan

Sulap Sampah Anorganik Jadi Aneka Kerajinan

Written By Satu Jurnal on Senin, 16 Mei 2016 | 20.01

Jombang-(satujurnal.com)
Sampah tidak selamanya hanya menjadi sumber masalah, namun sampah bisa mendatangkan berkah berupa rupiah.  Seperti yang dilakukan sejumlah ibu rumah tangga di Desa Mancar, Kecamatan Peterongan,  Kabupaten Jombang.

Para ibu rumah tangga di desa ini tidak saja memilah sampah untuk disetor di bank sampah desa, namun juga mampu membuat aneka kerajinan dari sampah rumah tangga.

Mengelola sampah menjadi bernilai ekonomis ala ibu-ibu desa ini sekaligus bagian dari menjaga dan melestarikan lingkungan agar lebih indah dan nyaman.

Kala di bank sampah, para ibu rumah tangga menjual sampah-sampah anorganik dari sampah rumah tangga mereka. Setiap sampah yang dikumpulkan oleh para ibu rumah tangga langsung ditimbang. Sampah dikumpulkan jadi satu untuk diolah dan dipilah.

Sampah yang bisa didaur ulang menjadi barang produktif langsung disisihkan, sedang sampah yang tidak bisa dipakai disetorkan ke pengepul sampah.

Upaya ibu-ibu ini bukan hanya untuk mendapatkan rupiah saja. namun lebih pada kepedulian untuk mengelola sampah yang kian hari menumpuk.

Sutarmi, salah satu warga mengaku setiap hari harus memisahkan setiap sampah yang dihasilkan dari rumah tangganya.  Setiap minggunya sampah tersebut ditukarkan ke bank sampah. Hasilnya lumayan untuk membantu sedikit uang dapur dan bumbu masak.

Sofiah,  pengelola bank sampah mengatakan. berdirinya bank sampah ini untuk membangun kepedulian warga pada lingkungan. Sampah warga ini bisa ditukarkan dengan sejumlah kebutuhan pokok.

“Selain bisa untuk ditabung yang terpenting para ibu rumah tangga yang dulunya tidak punya aktifitas sekarang bisa mendapatkan sumber penghasilan tambahan,” katanya.


Seluruh hasil olah sampah ini bisa dijual ke pelanggan yang rutin memesannya, meskipun pasarnya tidak banyak mereka bisa tetap memproduksi aneka kerajinan dari sisa sampah. (rg)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved