Headlines :
Home » » Walikota : Hadapi MEA, UMKM Harus Asah Kreatifitas

Walikota : Hadapi MEA, UMKM Harus Asah Kreatifitas

Written By Satu Jurnal on Rabu, 25 Mei 2016 | 23.49

Mojokerto-(satujurnal.com)
Asah kreatifitas menjadi hal yang harus terus dilakukan para perajin produk unggulan ditengah kancah Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).  Ini agar produk unggulan mampu merebut pasar yang lebih luas di kawasan Asean.

Walikota Mojokerto, Mas’ud Yunus mengutarakan hal itu disela-sela melihat aneka produk unggulan Kota Mojokerto dalam pameran bertajuk Gebyar Teknologi dan Pesta Rakyat di lapangan Surodinawan, Prajurit Kulon, Rabu (25/5/2016).

“Saya berharap produk unggulan seperti alas kaki dan batik mampu bersaing menghadapi MEA. Karena akan menjadi sebuah peluang sekaligus tantaangan untuk merebut pasar lebih luas di kawasan ASEAN,” kata Mas’ud Yunus.

Menurutnya, Kota Mojokerto memiliki beragam produk potensial yang mampu bersaing dengan produk daerah lain, bahkan potensi ekspor untuk alas kaki terbuka lebar. “Tinggal bagaimana para perajin mengoptimalkan kemampuannya untuk merebut pasar, baik domistik, nasional maupun di kancah ASEAN,” katanya.

Pameran yang berlangsung hingga 4 Juni nanti, kata Mas’ud Yunus, merupakan sarana memamerkan hasil kreatifitas para perajin.

Pameran ini, lanjut walikota, juga sebagai ajang promosi untuk meningkatkan jaringan pemasaran secara langsung, meningkatkan jiwa kewirausahaan bagi wirausaha baru yang dapat memperkokoh ketahanan ekonomi nasional, menciptakan wahana interaksi bagi pengelola koperasi dengan UMKM, serta agar masyarakat dapat mencintai produk dalam negeri.

Ia juga berharap para pelaku usaha di sektor UMKM mampu meningkatkan kapasitasnya, sehingga layak dipromosikan dan dipasarkan. 

“Pameran produk UMKM merupakan bagian dari agenda Pemkot Mojokerto untuk peningkatan kapastitas para pelaku usaha sektor UMKM. Jadi pameran ini bukan sekedar agenda tahunan, tapi untuk  menciptakan iklim industri kreatif yang lebih sehat dan kompetitif hingga mampu bersaing dipasar, baik pasar regional, nasional maupun pasar global,” ujar Walikota Mas’ud Yunus

Menurut Mas’ud Yunus, pameran produk kali ini sengaja menonjolkan produk yang masuk dalam subsektor industri kreatif. Alasannya, struktur perekonomian Kota Mojokerto tetap didominasi sektor ekonomi industri kreatif.


Hal lain yang perlu digarisbawahi, lanjut Mas’ud Yunus, pameran produk UMKM ini merupakan upaya yang dilakukan Pemkot dalam membina dan menjalin kemitraan dengan Koperasi dan UMKM. (one)
Share this article :

0 komentar:

Berikan komentar posistif Anda.

Mohon jangan melakukan SPAM !

 
Copyright © 2012 SatuJurnal.com - All Rights Reserved